140 Negara Rayakan Hari Hijab Dunia

Foto: (World Hijab Day)
Foto: ()

New York, 22 Rabi’ul Akhir 1437/1 Februari, 2016 (MINA) – Sekitar 140 negara ikut berpartisipasi rayakan “Hari Hijab Dunia” yang diadakan setiap tahunnya pada 1 Februari hari ini, Senin (1/02).

Indonesia, Malaysia, Rusia, Spanyol, Amerika Serikat, Inggris dan negara-negara lainnya melalui perwakilan kedutaannya masing-masing merayakan dengan berbagai macam acara, seperti merias wajah dengan kerudung. Acara juga diikuti oleh wanita non-muslim, mereka menggunakan kerudung setidaknya selama satu hari.

Dalam laman resmi World Hijab Day menyebutkan bahwa acara tahunan ini dipelopori oleh warga New York, Amerika Serikat bernama , guna untuk mengkampanyekan toleransi beragama dan pemahaman kepada wanita muslim maupun non-muslim.

Nazma menuturkan alasannya mengapa ia mencetuskan Hari Hijab Dunia, karena deskriminasi yang ia alami saat berada di bangku sekolah di New York.

“Tumbuh di Bronx, New York City, saya mengalami banyak deskriminasi karena jilbab yang saya kenakan,” ia menggambarkan.

“Di sekolah menengah, saya dijuluki Batman atau Ninja. Ketika aku memasuki universitas setelah tragedi 9/11, saya dipanggil Osama bin Laden atau teroris. Itu mengerikan. Saya pikir satu-satunya cara untuk mengakhiri diskriminasi adalah jika kita meminta rekan-saudara kita mengalami jilbab sendiri. ” tuturnya. (T/M09/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)