344 Pelajar yang Diculik Boko Haram Kembali dengan Selamat

Ratusan pelajar yang diculik Boko Haram telah bebas dengan selamat dan bertemu Presiden Nigeria Muhammad Buhari, Jumat, 18 Desember 2020. (Foto: Eminetra)

Abuja, MINA – Lebih dari 300 anak sekolah telah kembali dengan selamat kira-kira sepekan setelah penculikan massal mereka di provinsi utara Katsina, kata para pejabat .

Gubernur Provinsi Katsina, Aminu Bello Masari, mengumumkan pembebasan anak laki-laki itu – seluruhnya 344 – dalam sebuah pernyataan pada Kamis (17/12). Ia mengatakan, mereka akan menerima perhatian medis sebelum bersatu kembali dengan keluarga mereka.

“Ini sangat melegakan bagi seluruh negara & komunitas internasional,” kata Presiden Nigeria Muhammadu Buhari dalam sambutannya sendiri. “Seluruh negeri berterima kasih kepada Gubernur Masari, Badan Intelijen, Militer dan Kepolisian, npr.org melaporkan.

Sepasang pengumuman tersebut menandai akhir yang bahagia untuk pekan yang sangat melelahkan di Nigeria. Anak-anak laki-laki itu diculik Jumat lalu (11/12) dari Sekolah Menengah Sains Pemerintah di kota Kankara, dalam serangan berani yang diklaim oleh .

Kelompok militan itu telah mengaku bertanggung jawab atau disalahkan atas serangkaian serangan tingkat tinggi di Nigeria. Penculikan pada Jumat lalu juga mengingatkan pada penculikan 276 siswi oleh kelompok itu yang dikutuk secara internasional pada 2014, hampir setengah dari mereka tampaknya tetap berada di penangkaran hingga kini. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.