44 Pengajar BIPA Diberangkatkan ke Luar Negeri  

Kemdikbud
Kemdikbud

Jakarta, 9 Jumadil Awwal 1437/17 Februari 2016 (MINA) – Menteri dan Kebudayaan (), melepas 44 orang pengajar yang akan berangkat bertugas mengajarkan Bahasa Indonesia di luar negeri. Acara pelepasan berlangsung di Graha Utama Kantor Kemendikbud Jakarta beberapa waktu lalu

Ini merupakan keberangkatan gelombang kedua dari total 80 orang pada 2016. Negara tujuan para pengajar ini antara lain, Vietnam, Laos, Thailand, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Kamboja, Cina, Jerman, Perancis, Myanmar, Timor Leste, Australia, Amerika Serikat, Filipina, Mesir, Marokko, dan Tunisia. Demikian laporan dari laman resmi Kemendikbud yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Mendikbud berpesan agar para pengajar nanti bukan hanya menjadi sebagai pengajar BIPA saja, tetapi juga sebagai duta Negara Indonesia. Karenanya Ia berharap para pengajar tersebut memahami betul isu-isu penting yang ada di negara ini.

“Ingat! Selama 24 jam, Anda wajah Indonesia. Everything You do, everything you say merefleksikan Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, Mendikbud juga menjelaskan secara singkat pakaian adat yang dipakai oleh pejabat eselon 1 Kemendikbud. Kemudian ia meminta nanti pada saat berangkat, para pengajar BIPA membawa pakaian adat dan harus bisa menjelaskan tentang pakaian tersebut dengan baik.

“Tolong sampaikan pada mereka kehebatan kita, yang bisa bersepakat bahasa bersama, satu bahasa. Tidak banyak bangsa di dunia yang bisa melakukannya. Tunjukan itu!,” kata Mendikbud.

Tidak hanya pakaian, Mendikbud juga mengingatkan para pengajar BIPA untuk mempromosikan Indonesia lewat kuliner. Menurutnya, kuliner adalah salah satu tombak diplomasi yang dahsyat. “Dan Anda bisa ngomong banyak hal dengan kuliner”, tuturnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Mendikbud juga berharap nantinya, para pengajar juga bisa menggunakan kesempatan ini untuk membangun jejaring. “Indonesia membutuhkan orang-orang yang kiprahnya melebihi batas Negara Indonesia,” pungkasnya. (T/P006/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.