Tingkatkan Literasi Keuangan Syariah 250 Pelajar, BNI Syariah Gelar Direksi Mengajar

, MINA – Sebanyak 250 Siswa Tazkia International Islamic Boarding School (IIBS) mendapat sosialiasi tingkatkan literasi keuangan syariah pelajar oleh dalam acara ‘ (Board Of Director-BOD Teaching)’ di gedung Tazkia IIBS Malang, Rabu (6/11).

Hadir Direktur Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah Dhias Widhiyati, Pemimpin Divisi Pembiayaan Kecil dan Menengah BNI Syariah Supriyono, Chairman Tazkia IIBS, Muhammad Ali Wahyudi, CEO Tazkia IIBS Nur Abidin dan para guru dan 250 siswa dan siswi Tazkia IIBS.

“Acara ini, bertujuan untuk meningkatkan edukasi literasi dan inklusi keuangan syariah yang dicanangkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” kata Direktur Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati.

Kegiatan Direksi Mengajar dengan tema “Mengenal Perbankan Syariah” ini diantaranya adalah pengenalan perbankan syariah  mengenai pengertian bank syariah, kegiatan bank syariah, akad-akad yang digunakan, dan jenis produk maupun layanannya melalui pemaparan video interaktif, serta permainan edukatif yang dikemas secara menarik untuk menumbuhkan minat siswa tentang bank syariah.

Direktur Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah, mengatakan, Direksi Mengajar merupakan salah satu implementasi dan bentuk nyata kepedulian BNI Syariah terhadap dunia pendidikan.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi media sosialisasi dan dakwah yang efektif dalam meningkatkan pengetahuan generasi muda mengenai perbankan syariah,” katanya.

Melalui kegiatan Direksi Mengajar ini, diharapkan siswa bisa lebih memahami esensi dan kelebihan sistem keuangan syariah sehingga bisa melakukan perencanaan keuangan yang hasanah sejak dini.

Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, BNI Syariah selalu mengangkat nilai-nilai hasanah dan berkomitmen menjadi Hasanah Banking Partner yang memberikan manfaat bagi seluruh kalangan sejak usia muda sampai tua, tidak hanya untuk kehidupan di dunia, bahkan kemanfaatannya hingga di akhirat kelak (Hasanah Way).

Pada kesempatan ini, BNI Syariah bersama dengan Yayasan Hasanah Titik (YHT) juga memberikan bantuan fasilitas sarana dan prasarana masjid di lingkungan Tazkia IIBS senilai Rp 50 juta.

Direksi Mengajar mengacu pada POJK Nomor 76/POJK.07/2016 tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan Bagi Konsumen dan/atau masyarakat Bab II Pasal 2, di mana PUJK wajib melaksanakan kegiatan dalam rangka meningkatkan Literasi Keuangan.

Kegiatan ini rutin digelar tiap tahun sejak 2016 lalu. Pada tahun ini, BNI Syariah melaksanakan kegiatan Direksi Mengajar di lima kota yaitu Kudus, Banda Aceh, Ternate, Malang, dan Palangkaraya. Dari 2016 sampai tahun ini tercatat sudah lebih dari 2.800 siswa yang ikut serta dalam program ini.

Target audience kegiatan adalah pelajar khususnya tingkat menengah atas, karena pada usia tersebut, sebagian besar siswa dinilai telah cukup matang untuk belajar bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)