Ahli Falak Muhammadiyah Dapat Penghargaan MURI

Yogyakarta, MINA – Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Penghargaan tersebut diberikan atas kerja bertahun-tahun mengumpulkan berbagai macam bentuk jadwal imsakiah Ramadhan yang berasal dari 41 negara. Demikian mengutip website Muhammadiyah, Rabu (2/6).

Ke-41 negara tersebut antara lain Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Saudi Arabia, Kuwait, Oman, Uni Emirat Arab, Mesir, Syiria, Irak, Iran, Sudan, Tunisia, Libanon, Palestina, Maroko, Al-Jazair, Libya, Afrika Selatan, Pakistan, India, Taipei, Jepang, Korea Selatan, Australia, Turki, Amerika, Inggris, Austria, Perancis, Jerman, Swedia, Denmark, Irlandia, Belanda, Polandia, Italia, Bosnia dan Philipina.

“Alhamdulillah, perjalanan panjang yang dilakukan tidak sia-sia, MURI mengapresiasi dan memberi penghargaan sebagai Pemegang Kolektor jadwal imsakiah Ramadhan dari negara terbanyak, ” ujar Susiknan.

Baca Juga:  Bahrain Serang Israel sebagai Bukti Bela Palestina

“Salah satu koleksi jadwal imsakiah yang menarik pihak MURI adalah jadwal imsakiah yang telah berusia 85 tahun menurut kalender hijriah atau 83 tahun menurut kalender syamsiah. Tepatnya jadwal imsakiah yang terbit pada tahun 1357 H/ 1938 M,” lanjutnya.

Menurutnya, masa pandemi memberi kesempatan untuk menata berbagai jadwal imsakiah yang terkumpul sehingga memudahkan untuk melihatnya.

Ia berharap, hasil tersebut menginsiprasi banyak pihak dan bermanfaat bagi kemajuan studi astronomi Islam. (R/Hju/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA) 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.