Ali Mochtar Ingatkan Umat Islam Selalu Waspada Atas Berita Hoaks

Ketua Umum Bakomubin

Jakarta, MINA – Ketua Umum Badan Koordinasi Mubaligh Seluruh (Bakomubin) Ali Mochtar Ngabalin mengingatkan umat Islam di Indonesia agar senantiasa melakukan kewaspadaan secara optimal atas setiap informasi hoaks yang beredar di masyarakat.

“Sebab, tidak setiap berita yang beredar di masyarakat itu benar dan berguna. Namun juga bisa saja berita hoaks tanpa kebenaran yang jelas sumbernya,” kata Ali Mochtar dalam ceramahnya di Masjid Cut Meutia, Jakarta, Sabtu (9/9).

Menururtnya, diperlukan klarifikasi yang sungguh-sungguh benar sebelum menyebarkan berita itu pada fihak lain. “Berita yang beredar ada yang disengaja dirancang oleh kaum tertentu jahil dan memiliki daya rusak tinggi terhadap peradaban suatu bangsa,” ujar Ali Mochtar.

“Tentu kita tidak menghendaki umat Islam dan bangsa Indonesia hancur diakibatkan oleh berita bohong,” tambah dia.

Dia juga mengatakan, setiap berita bohong yang tanpa tabayun, memiliki tujuan negatif, sangat berbahaya bagi keutuhan negara bangsa.

Menurutnya, diperlukan bangunan kualitas iman, ilmu dan akhlaq agar selalu bertabayun, berkaca, selektif. “Sikap yang demikian ini menunjukkan kita umat Islam memiliki tanggung jawab dan tentang visi masa depan membentukan martabat peradaban ummat dan merawat negeri ini dari setiap bahaya yang mengancam,” tegas Ali Mochtar.

Dia berharap semua pihak lebih selektif dalam menganalisa berbagai pemberitaan agar jangan sampai menjadi alat untuk memuluskan kepentingan kelompok yang menginginkan Indonesia tercabik-cabik karena sentimen keagamaan.

“Kita tentu harus jangan sampai terpancing dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga akan menimbulkan keretakan di antara kita, kebinekaan kita akan hancur dan ujung-ujungnya NKRI akan runtuh,” ujarnya. (L/R03/RS2)

Miraj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.