Anak Disabilitas, Daerah 3T, Komunitas Adat Bisa Daftar Beasiswa BAZNAS

Anak Disabilitas, Daerah 3T, Komunitas Adat Bisa Daftar Beasiswa BAZNAS (foto: BAZNAS RI)

Jakarta, MINA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menggulirkan Program Beasiswa Khusus Kemitraan yang akan menyasar kelompok anak berkebutuhan khusus, kelompok daerah 3T dan komunitas adat di Indonesia.

Dalam keterangan pers, Jumat (9/9), proses pendaftaran beasiswa BAZNAS akan dibuka pada 15-26 September 2022. Setelah melalui proses administrasi dan penilaian secara ketat, pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada 17 Oktober 2022.

Ketua BAZNAS RI Prof. Noor Achmad mengatakan, pihaknya berkomitmen bersama pemerintah memenuhi kualitas pendidikan anak bangsa yang tidak terikat akan batasan daerah, batasan-batasan kemampuan fisik, dan batasan waktu.

“Keterbatasan kemampuan fisik keterbatasan daerah keterbatasan batas waktu tidak membatasi siapa saja untuk meningkatkan kualitas diri,” ujar Noor di Jakarta.

Baca Juga:  Polisi Mesir Tahan 250 Suporter Al Ahly Karena Kibarkan Bendera Palestina

Ia melanjutkannya, beasiswa ini merupakan bentuk implementasi dana zakat, infak, dan sedekah yang dikelola BAZNAS demi memberi kesejahteraan, salah satunya melalui pendidikan.

Beasiswa dikemas dalam bentuk pendanaan program kepada lembaga yang memiliki kepakaran di bidang pendidikan sebagai mitra sanding BAZNAS, yang menjangkau kelompok disabilitas, daerah 3T, dan komunitas adat. Sebagai mitra sanding, lembaga itu nantinya akan bekerja sama dengan BAZNAS untuk mendistribusikan beasiswa kepada mustahik dan meningkatkan kualitas SDM di Indonesia.

Melalui program beasiswa ini, Noor mengatakan, lembaga terpilih akan diberikan pendanaan untuk menjalankan program dengan anggaran mencapai Rp50 juta per lembaga dan pendampingan untuk kemandirian lembaga. .

Program Beasiswa Kemitraan Khusus Disabilitas, Daerah 3T dan Komunitas Adat BAZNAS 2022 melengkapi delapan beasiswa lain yang digulirkan BAZNAS sepanjang tahun 2022, yakni Beasiswa Cendekia BAZNAS di 102 kampus di Indonesia, Beasiswa Al Azhar, Beasiswa Riset Program MAZAWA, Beasiswa Riset Zakat Prodi Umum, Beasiswa Mahad Aly di 48 mitra, Beasiswa Persiapan Sekolah Kedinasan, Beasiswa Santri, dan Beasiswa Dikdasmen (Pendidikan Dasar dan Menengah).

Baca Juga:  Putra Netanyahu Tuduh Militer dan Intelejen Shin Bet Berkhianat

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan mengatakan, tujuan beasiswa ini adalah untuk memperluas kebermanfaatan BAZNAS sebagai bagian dari negara dan dalam rangka meningkatkan kualitas SDM Indonesia melalui dana zakat.

“Dalam situasi Indonesia yang seperti ini upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai amanat UUD 1945 sesuai dengan visi BAZNAS sebagai lembaga utama menyejahterakan umat,” ujarnya.

Saidah melanjutkan, “Isu aksesibilitas di zakatnomic diwujudkan oleh BAZNAS dalam program ini, dengan membuka akses pendidikan yang seluas-luasnya melalui kolaborasi kebaikan yang dibangun oleh BAZNAS dengan memberikan pendidikan yang layak melalui zakat,” pungkas Saidah. (R/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi