Anies: Terima Kasih Prajurit TNI

Jakarta, MINA – Gubernur DKI Jakarta tampak hadir dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di , Sabtu (5/10). Anies mengucapkan selamat dan terima kasih atas peran prajurit TNI menjaga kedaulatan NKRI.

“Di Hari TNI ini, izinkan kami mengucapkan terima kasih. Terima kasih pada prajurit dan perwira yang telah memilih mengerjakan semua tugas-tugas sulit itu. Terima kasih kepada keluarga prajurit dan perwira, yang telah mengikhlaskan anggota keluarganya jadi garda terdepan kita,” kata Anies usai menghadiri .

Anies menyebutkan, kemerdekaan dirintis dan diperjuangkan oleh nama-nama yang umumnya dikenal, termasuk anggota BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia), dan proklamasi dikumandangkan oleh orang-orang yang amat dikenal masyarakat, Bung Karno dan Bung Hatta.

“Tapi kemerdekaan itu dipertahankan oleh anak muda yang tak terhitung jumlahnya dan hampir semua tidak terhosor namanya. Anak muda pemberani yang lahir dari rahim ibu pejuang dan keluarga ikhlas. Itulah generasi petarung, pejuang dan pemberani. Mereka itulah cikal bakal TNI,” katanya.

Ia mengatakan, hingga hari ini terus lahir para prajurit TNI generasi baru. Semua tetap jadi garda terdepan, siap untuk bekerja dalam sunyi, tugasnya besar dan sering tidak terlihat. Saat mereka bertugas jauh dari keluarga dan kenyamanan tapi dekat dengan resiko, hampir semua masyarakat tidak mendengar.

“Semoga TNI makin maju, tetap profesional, dan terus mengakar di tempat ia berasal, yaitu rakyat,” katanya.

TNI hari ini memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 di Pangkalan Udara (Lanud) Militer Halim Perdanakusuma, Jakarta, mengusung tema ‘TNI Profesional Kebanggaan Rakyat’. Upacara dimulai pukul 08.00. Bertindak Komandan Upacara adalah Asops Dankormar Kolonel Mar Y. Rudy Sulistyanto.

Kekuatan Pasukan Parade berjumlah 6.806 personel terdiri dari Lambang-Lambang Kesatuan 60 personel. Kekuatan Pasukan Defile dan Alutsista terdiri dari Defile POM TNI (48 Personel, 24 Unit Alutsista), Defile Matra Darat (1.172 Personel, 415 Unit Alutsista), Defile Matra Laut (522 Personel, 116 Unit Alutsista), Defile Matra Udara (259 Personel, 58 Unit Alutsista).Dipimpin oleh Kolonel Inf Sachono (Dirbinsismet Pusterad) selaku Komandan Defile.

Sedangkan demonstrasi keterampilan prajurit terdiri dari Kolone Senapan, Bela Diri Militer dan Tari Perang Garuda, Terjun Payung, Demo Udara (Fly Pass, BTU, Tempur Udara dan Composite Strike, Jupiter Aerobatic, Boms Burst). Adapun pesawat udara yang dikerahkan dalam rangka HUT Ke-74 TNI Tahun 2019 berjumlah 157 unit milik TNI AD, TNI AL dan TNI AU. (L/R06/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.