Antusiasme Tinggi, 14 Warga Mesir Terima Sertifikat Wasit-Juri Pencak Silat

Foto: KBRI Kairo)

​Kairo, MINA – Pencak silat, sebagai bela diri khas Indonesia diminati oleh Warga Mesir. Belum lama ini, 14 warga Mesir menerima sertifikat wasit-juri Pencak Silat di Pusat Kebudayaan Indonesia (PUSKIN).

Jumlah peserta pencak silat di PUSKIN mencapai 1.600 orang dan tergabung dalam Asosiasi Pencak Silat Mesir atau Egyptian Pencak Silat Association (EPSA).

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kairo, Bambang Suryadi mengungkapkan, atas nama KBRI Kairo sangat bangga dan bersyukur, warga Mesir sangat antusias dan telah jatuh cinta dengan seni pencak silat Indonesia, demikian keterangan resmi KBRI Kairo yang diterima MINA, Senin (12/10).

“Lebih dari itu, sejak tanggal 1 Oktober EPSA telah diakui sebagai anggota resmi dari Federasi Pencak Silat Internasional (PERSILAT) yang berkedudukan di Jakarta,” ujar Bambang di hadapan 14 orang penerima sertifikat pelatihan.

Sementara itu Mohammed Mamdouh dari Komite Nasional Pemuda Pembangunan Mesir mengapresiasi PUSKIN KBRI Cairo yang telah bekerja sama dengan Pemerintah Mesir selama empat tahun untuk mengembangkan pencak silat di Mesir

Menurut Ketua EPSA, Ahmad Sofwat pelatihan Juri-Wasit telah dilakukan sejak tanggal 10 September 2020.

Peserta harus mengikuti materi pelatihan selama 25 jam sesuai dengan ketentuan dan tata tertib yang ditetapkan oleh PERSILAT.

Acara pelatihan ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada peserta pelatihan yang dinyatakan lulus.(R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)