Arab Saudi Beri Bantuan Ekonomi Senilai Rp.18,1 T ke Yaman

Riyadh, MINA – Arab Saudi memberikan bantuan ekonomi untuk pemerintah Yaman guna membantu mengatasi defisit anggaran, bantuan senilai $1,2 miliar (Rp18,1 triliun).

Bantuan kepada pemerintah Yaman yang diakui secara internasional, untuk membantu meningkatkan ekonomi negara yang sedang berjuang, terutama untuk membayar gaji dan meningkatkan ketahanan pangan. Arab News melaporkan, Selasa (1/8).

Saudi berharap dapat membantu mencapai keamanan, stabilitas, dan pembangunan di Yaman.

Bantuan ekonomi diberikan sebagai tanggapan atas permintaan pemerintah Yaman untuk membantu mengatasi defisit anggarannya, tambahnya.

Mohammed Al-Jaber, duta besar Saudi untuk Yaman, dan Salem bin Breik, menteri keuangan Yaman menghadiri upacara penandatanganan paket bantuan di Riyadh.

“Bantuan tersebut akan berkontribusi untuk mendukung pemerintah Yaman dalam menutupi gaji, upah dan biaya operasional,” kata Menkeu Yaman.

Baca Juga:  Mantan Mossad: Ekonomi Israel Runtuh dan Kalah Perang di Gaza

“Dukungan tersebut juga akan berdampak signifikan dalam memastikan ketahanan pangan di Yaman, dan menyoroti dukungan permanen Kerajaan Saudi untuk Yaman,” lanjutnya.

Selama periode 2012 hingga 2022, Arab Saudi mendepositkan $4 miliar (Rp60,5 triliun) di bank sentral Yaman untuk membantu meningkatkan kehidupan sehari-hari rakyat Yaman.

Dukungan terpadu dari Kerajaan Saudi telah membantu memperbaiki situasi keuangan dan ekonomi di negara itu, tambahnya. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)