AS Dorong Negara-Negara Teluk Danai Proyek Ekonomi Gaza di Sinai

Tel Aviv, MINA – (AS) dilaporkan telah mendorong negara- untuk berinvestasi dalam proyek-proyek ekonomi untuk Gaza yang akan dibangun di Sinai Utara, Mesir, Haaretz melaporkan pada Ahad (17/6).

Tiga sumber mengatakan kepada surat kabar Israel itu bahwa proyek-proyek yang didanai Teluk diusulkan bertujuan untuk membangkitkan momentum sebelum dimulainya kembali inisiatif  oleh AS, demikian The New Arab melaporkan.

Haaretz mengatakan, ide itu akan disampaikan  selama tur regional Penasihat Gedung Putih dan Utusan Khusus Presiden AS Donald Trump untuk Timur Tengah Jared Kushner pekan ini.

Proyek-proyek itu dilaporkan meliputi sebuah pelabuhan, jaringan energi matahari dan pabrik desalinasi air yang akan didirikan di Sinai Utara dekat kota Al-Arish untuk melayani Gaza.

“Sumber-sumber mengatakan, Gedung Putih memperkirakan akan diperlukan dana antara AS $ 500 juta hingga AS $ 1 miliar dan masih akan bisa meningkat dari itu,” kata laporan tersebut.

Laporan itu muncul setelah juru bicara Otoritas Palestina Nabil Abu Rudeina mengatakan, upaya AS untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina “ditakdirkan gagal”.

Menurut media Israel, Kushner akan berbicara pekan ini dengan para pemimpin Qatar, Arab Saudi, Mesir, Yordania dan Israel.

Presiden Trump telah bertekad untuk mencapai “kesepakatan abad ini” untuk menengahi penyelesaikan konflik Israel-Palestina.

Otorita Palestina telah memutuskan hubungan resmi dengan pemerintahan Trump setelah AS mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.