AS Sambut Baik Kesepakatan Ekspor Gandum Turki, PBB, Rusia, dan Ukraina 

Foto: Anadolu Agency

Washington, MINA – Amerika Serikat menyambut baik kesepakatan yang ditandatangani oleh Turki, PBB, Rusia, dan Ukraina untuk melanjutkan ekspor produk biji-bijian Ukraina melalui Laut Hitam.

“Kami sepenuhnya berharap implementasi pengaturan saat ini dimulai dengan cepat untuk mencegah orang-orang yang paling rentan di dunia agar tidak terjerumus lebih kedalam kerawanan pangan dan kekurangan gizi, serta kelaparan ekstrem. Kami bersyukur perjanjian ini tercapai,” kata Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby. Dikutip dari Anadolu Agency, Sabtu (23/7).

“Kami pikir penting untuk dicatat meskipun keberhasilan, tentu saja, akan bergantung pada kepatuhan Rusia dan benar-benar menerapkan komitmennya, dengan mengakhiri blokade pelabuhan Ukraina untuk memastikan barang Ukraina dapat mencapai pasar dunia,” lanjutnya.

Berdasarkan kesepakatan itu, pusat koordinasi akan didirikan untuk melakukan inspeksi bersama di pintu masuk dan keluar pelabuhan, serta untuk memastikan keamanan rute.

Turki berkoordinasi dengan Moskow dan Kyiv untuk membuka koridor dari kota pelabuhan Ukraina Odesa, melanjutkan pengiriman biji-bijian global yang telah lama terhenti karena perang Rusia di Ukraina, yang saat ini telah memasuki bulan kelima. (T/Hju/P2)

Mi’raj News Agency (MINA) 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.