Asma Nadia: Membaca Adalah Sekolah Bagi Penulis

usai ‘Launching Komunitas Penulis Otoritas Jasa Keuangan (OJK): Menulis itu Mudah’ di Jakarta, Rabu (28/3). (Foto: Aulia/MINA)

 

Jakarta, MINA – Penulis novel dan cerpen Indonesia, Asma Nadia memberikan beberapa tips bagi pemula yang ingin membuat novel. terutama sekali agar banyak membaca karena membaca adalah sekolahnya seorang penulis.

Dalam keterangan usai acara ‘Launching Komunitas Penulis Otoritas Jasa Keuangan (OJK): Menulis itu Mudah’ di Jakarta, Rabu (28/3), Asma mengatakan, dengan banyak membaca,   akan mempermudah para pemula untuk menulis.

Selain itu, wanita penulis yang telah banyak menerbitkan puluhan karya ini mengatakan, sosial media bisa jadi jalan alternatif untuk latihan menulis terutama media sosial twitter.

Baca Juga:  Bukan Heat Wave, BMKG: Peralihan Musim Penyebab Suhu Udara Jadi “Gerah”

“Dengan adanya komunitas Penulis OJK ini, semoga para penulis pemula semakin tergerak menyelesaikan tulisannya. Banyak pemula yang mencoba membuat tulisan, namun berhenti di tengah jalan karena berbagai faktor,” ujar Manajer Asma Nadia Publishing House itu.

Asma menambahkan, jika ingin membuat novel maka yang harus diperhatikan adalah mengamati unsur dan opening. “Bagaimana penulis memperkenalkan tokoh-tokohnya, dan bagaimana penulis menuntun para pemula menuju konflik yang bisa diterima, bagaimana menemukan akhirnya,” terang Asma.

Asma bercerita, ia merindukan masa-masa di mana dulu bisa membaca novel,  sedangkan sekarang lebih mengkhususkan waktu untuk membaca buku yang dapat difilmkan di layar lebar.

Dalam kesempatan ini Asma juga mengajak penulis pemula yang ingin mengirim tulisannya, dapat dikirim ke akun twitter @BukuAsmaNadia. (L/R09/Aulia/P1)

Baca Juga:  Cuaca Panas, Pastikan Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.