Asosiasi Kurdi Suriah: YPG Tidak Beda dengan ISIS

Damaskus, MINA – Kepala asosiasi Kurdi di Suriah mengatakan, kelompok bersenjata Unit Perlindungan Rakyat (YPG), cabang Partai Pekerja Kurdi (PKK) di Suriah tidak berbeda dengan Daesh (ISIS).

“Kami sebagai Kurdi Suriah tidak membuat perbedaan antara (Partai Uni Demokratik) PYD, YPG, itu semua adalah PKK, mereka sama dengan teroris Daesh,” kata Presiden Independen, Abdulaziz Tammo. Demikian Daily Sabah melaporkan, Sabtu (12/10).

Dia mencatat, para pejuang YPG bukanlah orang Kurdi Suriah, karena mereka berasal dari kamp-kamp PKK di Gunung Qandil, Irak, Iran, Armenia, Azerbaijan, Eropa, dan Turki.

Tammo mencatat, asosiasi mereka berharap militer Turki berhasil menyelesaikan operasinya serta membersihkan dari daerah itu dan membangun “zona perdamaian”, agar memungkinkan sekitar satu juta warga Kurdi Suriah yang melarikan diri dari penganiayaan YPG bisa pulang dengan aman.

Dia menekankan bahwa orang-orang di wilayah itu ingin kembali ke tanah air mereka dan akan merayakannya jika teroris yang berafiliasi dengan PKK didorong keluar dari daerah tersebut.

“Teroris PKK mengadu Kurdi dengan Kurdi, Arab melawan Arab,” terangnya.

Turki meluncurkan Operation Peace Spring, yang ketiga dari serangkaian operasi antiteror lintas perbatasan di Suriah utara yang menargetkan para teroris yang berafiliasi dengan Daesh dan YPG di Suriah pada 9 Oktober.

Sejak 2016, operasi Euphrates Shield dan Olive Branch Turki di Suriah barat laut telah membebaskan wilayah itu dari teroris YPG/PKK dan Daesh, memungkinkan hampir 400.000 warga Suriah yang melarikan diri dari kekerasan untuk kembali ke rumah. (T/R11/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.