Bagi Orang Beriman, Waktu dan Kesempatan adalah Nikmat yang Sangat Berharga

Gambar Jam. (Dok. MINA)

Ditulis Oleh: , Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Shuffah Al-Qur’an Abdullah bin Mas’ud (STISA-ABM) Online

adalah salah satu dari Allah Subhanahu wa Ta’ala yang yang dianugerahkan kepada semua umat manusia, baik beriman maupun kafir. Namun, sering kali mereka sia-siakan kehadirannya dan kurang disadari bahwasanya banyak hal-hal yang mestinya bisa dikerjakan namun semua itu terlewat karena hanya karena hal-hal yang sepele sehingga tidak jarang seseorang menyesal setelah menyadarinya.

 Sebagai orang yang beriman, waktu dan kesempatan adalah karunia yang Allah berikan dan mesti diisi dengan amalan-amalan kebaikan yang Allah perintahkan. 

Bagi orang beriman, waktu dan kesempatan sangat berharga. Mereka tidak menyia-nyiakan waktu dan kesempatan yang diberikan oleh Sang Pencipta semesta alam, Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam Quran Surah Al Ashr ayat 1-3.

وَٱلْعَصْرِ

إِنَّ ٱلْإِنسَٰنَ لَفِى خُسْرٍ

Baca Juga:  Tanda-Tanda Israel Kiamat!

إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ وَتَوَاصَوْا۟ بِٱلْحَقِّ وَتَوَاصَوْا۟ بِٱلصَّبْرِ

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,  kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”

Jika dilihat dari ayat tersebut maka kita mesti menyadari bahwa setiap waktu yang dilewati adalah kesempatan dan setiap kesempatan yang dilalui mesti diisi dengan nilai-nilai kebaikan agar jangan sampai menjadi suatu penyesalan dan kerugian belaka.

Karena waktu dan kesempatan atau yang disebut waktu luang yang Allah berikan kepada umat manusia maka yang demikian dinamakan dengan nikmat. Nikmat itulah yang sering dilalaikan oleh kebanyakan manusia dan tidak dapat memanfaatkannya dengan baik.

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

“Ada dua nikmat yang banyak manusia tidak bisa memanfaatkan dengan baik, yaitu nikmat sehat dan waktu luang.” (HR. Bukhari)

Karena sudah diinfokan kepada kita bahwasanya banyak manusia yang tidak bisa memanfaatkan dengan baik, waktu luang yang diberikan kepada kita mesti diteliti betul apa yang kita lakukan. Adakah nilai kebaikan di dalamnya atau hanya perkara yang tidak ada nilai kebaikannya. Jikalau apa yang hendak kita lakukan tidak ada nilai kebaikan dan juga faedah di dalamnya, maka hendaknya perkara tersebut ditinggalkan atau dijauhi.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala menyebutkan bahwa orang yang menjauhi perkara yang tidak ada nilai kebaikan dan tidak berguna dari apa yang ia lakukan adalah salah satu ciri orang beriman, mereka akan mendapatkan keberuntungan dunia maupun akhirat. 

Sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam surah Al-Mu’minun ayat 1-3.

Baca Juga:  Ammo Baba, Pelatih Bola Legendaris Irak

قَدْ اَفْلَحَ الْمُؤْمِنُوْنَ ۙ

الَّذِيْنَ هُمْ فِيْ صَلٰو تِهِمْ خَاشِعُوْنَ

وَالَّذِيْنَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُوْنَ ۙ

” Sungguh beruntung orang-orang yang beriman,(yaitu) orang yang khusyuk dalam salatnya, dan orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna.”

Beberapa pekan yang lalu kita diberikan kesempatan oleh Allah untuk menjalani bulan Ramadhan, bulan di mana segala amal kebaikan dilipatgandakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.  Seumpama pada bulan tersebut kita belum bisa memanfaatkan dengan baik, maka di bulan Syawal inilah kesempatan yang Allah berikan kepada kita untuk bisa meraih nilai-nilai kebaikan yang Allah berikan kepada kita di bulan Syawal.

Jangan sampai terlewatkan karena sesungguhnya nikmat waktu luang adalah salah satu nikmat yang yang tidak tampak dan tidak berbentuk namun sangat berharga dalam kehidupan kita.

Semoga kita bisa menjaga waktu dan kesempatan yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, sehingga kita menjadi orang yang beruntung dunia wal akhirat. 

Wallahualam Bissowab 

(A/Aff/R8/P2)

Miraj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.