Baitul Mal Aceh Sumbang untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Banda , MINA – Keluarga besar (BMA) menyerahkan bantuan untuk korban dan Lampung sebesar Rp12 juta.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Zamzami Abdulrani melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Selasa (8/1)

“Bantuan ini bukan bersumber dari dana zakat, tetapi dikumpulkan dari personal amil Baitul Mal Aceh sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan terhadap korban gempa tsunami Selat Sunda dan Lampung,” kata Zamzami usai penyerahan bantuan di kantor BPBA.

Zamzami menjelaskan, biasanya untuk bencana-bencana alam sebelumnya dananya langsung bisa diambil dari senif gharimin, namun karena kejadian bencana alam Selat Sunda kemarin menjelang akhir tahun, dana tersebut sudah disalurkan. Maka sebagai bentuk kepedulian, amil menyumbang dari penghasilan pribadi mereka.

“Hampir semua amil ikut menyumbang, termasuk staf dan sekuriti, dan alhamdulillah hingga Selasa, 08 Januari 2019 sudah terkumpul sebesar Rp12 juta, langsung kami antarkan ke BPBA sebagai posko resmi pemerintah Aceh,” jelas Zamzami.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Muhammad Iswanto yang juga mendampingi Plt Kepala Baitul Mal Aceh mengatakan, bantuan ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial Baitul Mal untuk sesama muslim.

“Hari ini kita membantu mereka, bisa jadi hari yang lain orang lain yang akan menolong kita. Kita tidak pernah tahu kapan musibah itu datang, maka solidaritas itu tetap kita kedepankan,” jelas Muhammad Iswanto.

Ia menambahkan, Baitul Mal Aceh rutin membantuan korban bencana, baik bencana alam maupun bencana kemanusiaan. Tidak hanya bencana yang terjadi di Aceh saja, di luar Aceh pun ikut dibantu seperti Rohingya, Gempa Palu, Donggala, dan beberapa bencana besar lainnya.

Sumbangan dari amil tersebut diterima langsung Kalak BPBA, HT Ahmad Dadek di ruang kerjanya. Hingga saat ini, bantuan yang telah terkumpul hampir mencapai Rp200 juta.

BPBA menargetkan bisa mencapai Rp1 miliar, maka pihaknya terus menggalang bantuan-bantuan dari siapa pun.

“Insyaallah, jika sudah banyak yang terkumpul nanti akan diantarkan langsung ke lokasi bencana oleh Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah,” tambahnya. (L/AP/R01)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.