BAZNAS-Brankas Coffee Ajak Masyarakat “Ngopi” Sambil Sedekah

BAZNAS-Brankas Coffee Ajak Masyarakat "Ngopi" Sambil Sedekah.(Foto: Humas BAZNAS RI)

Jakarta, MINA – Badan Amil Zakat Nasional () menjalin kerja sama dengan , dalam upaya meningkatkan kemudahan masyarakat dalam menunaikan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS).

Kerja sama itu berupa fitur layanan zakat melalui dompet elektronik atau mobil banking bernama QR Code Indonesian Standard (QRIS) yang tersedia di Brankas Coffee.

“Ngopi sambil sedekah ini, jadi para penggemar kopi di Brankas Coffee yang mau sedekah tinggal pasang QRIS-nya yang sudah ditempel di cup-cup gelas kopi,” kata Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan, H Rizaludin Kurniawan di Jakarta, Jumat (3/2).

“Masyarakat sudah bisa bertransaksi dengan mudah dan lebih praktis hanya menggunakan jari di telepon genggam. Jadi dengan menggunakan jempol, masyarakat telah membantu sesama dan mendapat keberkahan dan pahala,” tambahnya.

Menurut Rizal, fenomena coffee shop saat ini sedang berkembang pesat, masyarakat menyukai tempat untuk nongkrong minum kopi sambil berbincang atau mendiskusikan pekerjaan hingga bisnis mereka. Hal ini perlu dimanfaatkan oleh BAZNAS untuk menjadikan salah satu kanal penghimpunan ZIS, terutama sedekah bagi konsumen penikmat kopi.

Rizal menambahkan, zakat yang ditunaikan ini akan sangat berguna untuk menguatkan beragam program pengentasan kemiskinan yang digaungkan BAZNAS. Ia juga memastikan, dana yang disalurkan akan tepat sasaran dan sampai di tangan mereka yang benar-benar membutuhkan.

“Kami pastikan dana zakat yang disalurkan akan tepat sasaran kepada masyarakat yang terdampak yang memerlukan bantuan, agar mereka bisa terbantu dan diringankan bebannya. BAZNAS memiliki berbagai program yang memang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Co-founder Brankas Coffee, Davy Lutfhan Satria menyebut, pihaknya tak hanya membuka media donasi lewat Qris saja, tapi juga bisa sambil pesan antar melalui GoFood dan GrabFood dari rumah, karena di kedua aplikasi itu, bisa pesan kopi Brankas dan berbagi.

“Nanti hasil dari sedekah yang terkumpul bisa dilihat juga di ig @brankascoffee. Untuk sekarang Brankas baru punya satu cabang di kantor IS PLAZA. Harapannya Brankas bersama BAZNAS dapat melebarkan sayap ke lebih banyak gedung perkantoran lagi dan mewadahi orang-orang yang ingin minum kopi dan sedekah,” katanya.

Selain itu, Davy juga memiliki harapan lain, yakni agar kegiatan positif ini dapat menginspirasi pemilik usaha lain untuk terus berbuat kebaikan.

“Brankas Coffee bersama BAZNAS sebagai pelopor dari gerakan ngopi sambil berbagi. Semoga akan ada lebih banyak lagi coffee shop yang melakukan hal serupa,” pungkasnya. (L/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.