BAZNAS Naikan Target Pengumpulan Hewan Kurban Sebesar 30 Persen

Semarak Kurban BAZNAS (foto: Sajadi/MINA)

Jakarta, MINA – Tahun 1444 Hijriyah ini, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menaikan target pengumpulan hewan kurban sebesar 30 persen.

Tahun 1443 H atau 2022 lalu nasional  pengumpulan hewan kurban mencapai setara dengan 5,5 juta ekor kambing atau senilai Rp10,5 triliun.

“Alasan kenaikan 30 persen itu karena mulai tahun ini hewan Dam ( denda) petugas haji lebih kurang  5.000 orang akan kita distribusikan ke daerah-daerah terpencil, di wilayah perbatasan Indonesia,” ujar Ketua BAZNAS Prof. Noor Achmad kepada wartawan usai acara Semarak di Jakarta, Ahad (18/6).

Hewan kurban yang akan disembelih nantinya, kata Prof Noor, selain dari hasil pemberdayaan peternak BAZNAS yang dibina, juga dari masyarakat umum.

Baca Juga:  Massa Pendukung Israel Serang Mahasiswa Pro-Palestina di Universitas California

Sementara pendistribusian daging kurban ditujukan kepada masyarakat yang tidak mampu, terutama stunting di wilayah-wilayah terpencil di Indonesia.

Sebelumnya, Deputi I Bidang Pengumpulan BAZNAS RI M. Arifin Purwakananta mengatakan, kurban melalui BAZNAS juga tidak semata selesai sebagai pada hari raya Idul Adha dan hari tasyrik tapi akan membawa syiar dakwah yang lebih besar.

“Hal-hal ini, pemberdayaan, kesehatan, syiar dakwah, ditambah isu peduli lingkungan seperti tidak menggunakan kantong plastik yang mencemari lingkungan, harus muncul bersama-sama dalam program Kurban BAZNAS. Di luar itu kita tentu tetap menjalankan Aman Syar’i, Aman Regulasi dan Aman NKRI,” ujat Arifin. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.