Bertemu Presiden Kenya, Jokowi Sampaikan Komitmen Perkuat Kerja Sama Antarnegara

Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Kenya, William Ruto, di State House, Nairobi, Republik Kenya, Senin (21/08/2023). (Foto: BPMI Setpres)

Jakarta, MINA – Presiden RI Joko Widodo melaksanakan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik William Ruto di State House, Nairobi, Republik Kenya, Senin (21/8).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyebut Indonesia dan Kenya memiliki kedekatan historis sejak lama.

“Kenya dan Indonesia miliki kedekatan historis sejak KAA (Konferensi Asia Afrika) di Bandung, tahun 1955 dan Gerakan Nonblok 1961,” ucap Presiden.

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi menyampaikan dalam kunjungannya ke Kenya, membawa semangat untuk memperkuat kerja sama antarnegara selatan global seperti saat Konferensi Asia Afrika yang dilaksanakan di Bandung pada tahun 1955.

“Spirit ‘Bandung’ inilah yang saya bawa ke Kenya, spirit untuk memperkokoh kerja sama antara negara-negara the global south,” ucapnya kepada Presiden Kenya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga memaparkan, hubungan antara Indonesia dan Kenya terus makin erat melalui politik luar negeri Indonesia yang memberikan perhatian khusus terhadap kawasan Afrika dalam sembilan tahun terakhir.

“Indonesia juga terus berkomitmen untuk perkuat kerja sama dengan Kenya,” sambung Presiden. (R/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.