BKSA Parlemen: Globalisasi Harus Membawa Manfaat

Paris, MINA – Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI menyampaikan, harus membawa manfaat bagi semua masyarakat dunia. Kerjasama multilateral, terutama kerjasama perdagangan internasional, tidak hanya diarahkan pada pertumbuhan ekonomi, namun lebih pada pemerataan kesejahteraan.

Hal itu ia sampaikan saat memimpin Delegasi DPR RI dalam sesi diskusi dengan Sekretaris Jenderal OECD, Angel Gurría, mengenai multilateralisme dan upaya menjembatani ketimpangan ekonomi, pada forum 6th OECD Parliamentary Days di Paris, Perancis, beberapa waktu lalu. Demikian laporan pers DPR RI yang dikutip MINA.

“Tata kelola global harus selalu berpegang pada prinsip-prinsip keadilan sosial, keterbukaan dan transparansi,” kata Nurhayati.

Menurutnya, dalam sistem multilateral, kepentingan nasional harus seiring sejalan dengan situasi global, namun tentunya tanpa mengorbankan kepentingan dalam negeri.

“Sehingga pemilih yang mempercayakan suaranya pada kami tidak kehilangan kepercayaan akan sistem global dan tetap mau mengambil bagian dalam demokrasi,” ujarnya.

Menanggapi intervensi Nurhayati, Angel Gurría menyatakan pandangan yang sama dan sangat menghargai peran DPR RI terutama dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Global.

Hadir dalam forum ini, lebih dari 100 anggota parlemen dari 40 negara melakukan diskusi interaktif untuk mengeksplorasi solusi kebijakan berdasarkan riset dan studi kasus. (R/R05/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.