BMKG: Cuaca Ekstrem Hingga Pertengahan Februari 2020

Jakarta, MINA – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika () Dwikorita Karnawati mengatakan, cuaca ekstrem yang melanda beberapa wilayah di akan berlangsung hingga pertengahan Februari 2020.

“Aliran udara basah dari Timur Afrika diperkirakan menuju wilayah Indonesia dan dapat mengakibatkan potensi hujan ekstrem pada tanggal 10-15 Januari,” kata Dwikorita saat Rapat Koordinasi Banjir Jabodetabek di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (2/1).

Ia mengatakan, pergerakan aliran udara basah juga masih akan berlanjut pada Januari akhir hingga pertengahan Februari 2020.

Adapun sejumlah wilayah di Indonesia yang diprediksi akan terdampak hujan dengan intensitas tinggi hingga ekstrem tersebut meliputi Sumatera bagian tengah, Jawa, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian selatan hingga tenggara.

BMKG juga mengingatkan bahwa prakiraan potensi hujan lebat awal tahun di Jabodetabek masih akan berlangsung hingga tujuh hari ke depan.

“Potensi hujan lebat 2-7 Januari di Jabodetabek,” katanya. Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat diharap waspada terhadap potensi banjir dan longsor serta angin kencang.

“Masyarakat diminta untuk mempersiapkan segala sesuatu sebagai antisipasi kemungkinan bencana yang dapat berpotensi terjadi,” katanya. (R/R6/P1)`

Mi’raj News Agency (MINA)