BMKG: Hoax, Berita Arus Angin Utara-Selatan Bawa Wabah  

Jakarta, MINA – Beredar pesan berantai lewat whatsapp bahwa tiga hari ke depan diusahakan seluruh anggota di rumah karena akan arus angin dari utara ke selatan yang membawa wabah (penyakit) dan akan melewati Indonesia menuju Australia.

“Kenapa kita dianjurkan untuk makai masker pada tanggal 10-12 April, Urgent. Tolong diinformasikan kepada teman-teman,” bunyi pesan.

Menanggapi isu tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofsika (BMKG) menjelaskan hal tersebut dapat dipastikan bukan berasal dari BMKG.

“Isi informasi tersebut juga hoax serta tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Plt. Deputi Bidang Meteorologi, Herizal,M.Si. di webs resmi BMKG, Kamis (9/4).

BMKG mengatakan, memang saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau sehingga sirkulasi angin tidak lagi didominasi angin dari utara (dari Benua Asia).

Bahkan di beberapa wilayah di bagian selatan Indonesia, kini sudah mulai berhembus angin dari timur ke selatan (dari Benua Australia), lanjutnya.

Ia menyatakan, adapun memakai masker jika keluar rumah, memang itu adalah anjuran pemerintah, mengikuti protokol kesehatan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). bagi yang merasa sakit ataupun yang sehat.; (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)