Buka Perkemahan, Menag: Pramuka Wujud Pengamalan Ajaran Agama

Cibubur, MINA – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin membuka Perkemahan Pramuka Madrasah Daerah (PPMD) di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur.

Perkemahan yang diinisiasi oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DKI Jakarta ini diikuti oleh siswa madrasah dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Tsanawiyah (MTs), dan Aliyah (MA) se-Provinsi DKI Jakarta.

“Pramuka, dalam konteks Indonesia adalah bentuk pengamalan dari ajaran agama. Manifestasi, perwujudan dari pengamalan ajaran agama Islam,” kata Menag di hadapan ribuan siswa madrasah, Rabu (28/11).

Untuk itu, Menag berpesan agar siswa madrasah aktif dalam gerakan pramuka. Menurut Menag, Dasa Dharma Pramuka pada hakikatnya adalah nilai-nilai Islam, yaitu kemanusiaan, demokrasi, solidaritas, integritas, dan tanggung jawab.

“Hakikat pramuka itu sendiri yaitu bagaimana kita menebarkan kemaslahatan, manfaat, tidak hanya sesama manusia, tetapi pada alam semesta. Itu juga esensi ajaran Islam,” pesan Menag.

Sebelumnya, Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Saiful Mujab melaporkan bahwa PPMD 2018 mengusung tema “Pramuka Madrasah Hebat dan Berkarakter sebagai Perekat NKRI untuk Bangsa Indonesia yang Bermartabat”.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengalaman anggota Pramuka Madrasah dalam hal ketarampilan serta pengembangan Gerakan Pramuka.

Perkemahan yang berlangsung sejak 28-30 November ini dihadiri lebih 3.000 peserta dan dimeriahkan dengan persembahan tari tradisional khas daerah dari seluruh provinsi di Indonesia. (R/R09/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)