Diaspora Palestina di Eropa Bersiap Peringati Nakbah ke-74

London, MINA – Konferensi Eropa menyerukan kepada segenap elemen Palestina dan para pendukung Palestina di benua Eropa, untuk berpartisipasi aktif dalam peringatan Palestina ke-74 pada bulan Mei ini.

“Agenda peringatan tahun ini, berkolaborasi dengan Kampanye Internasional untuk Melindungi Indentitas dan Afiliasi Palestina, Konferensi Rakyat Palestina di luar negeri, Lembaga dan Asosiasi yang beroperasi di benua Eropa, menggelar pawai bendera Palestina, yang akan memadati ibukota sejumlah negara Eropa dengan tema ‘Bendera Kepulangan,’” kata Ketua Konferensi Amin Abu Rashid kepada Quds Press, Selasa (10/5).

Abu Rashid menjelaskan, tujuan agenda ini adalah menegaskan bahwa rakyat Palestina di Eropa tetap komitmen pada hak-hak mereka yang sah, terutama hak kepulangan ke Palestina, dan mereka menjadi bagian penting dalam perjuangan kemerdekaan Palestina di wilayah terjajah, kamp pengungsian dan di manapun berada.

Urgensi peringatan ini adalah mengenalkan Nakbah Palestina kepada segenap bangsa Eropa, dan menuntut tanggung jawab penjajah Israel, yang telah mengusir rakyat Palestina dan menyebabkan prahara Palestina sejak tahun 1948 silam.

Dijadwalkan sejumlah agenda peringatan Nakbah Palestina di sejumlah kota Eropa, termasuk pawai bendera Palestina, pada 13, 14 dan 15 Mei mendatang.

Nakbah adalah hari dimana rakyat Palestina terpaksa mengungsi karena Yahudi mengambil tanah mereka untuk mendirikan negara sepihak Israel pada 15 Mei 1948.(T/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.