Din Syamsudin Usulkan RI Kirim Bantuan Militer ke Gaza

Tokoh organisasi Muhammadiyah, Muhammad Sirajuddin Syamsuddin (Din Syamsudin) [Foto: Wikipedia]

Jakarta, MINA – Ketua Prakarsa Persahabatan Indonesia Palestina, Prof Muhammad Sirajuddin Syamsuddin  mengusulkan agar pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan militer untuk Gaza, Palestina.

“Cara yang terbaik untuk menghentikan penjajahan di Gaza, salah satu caranya ialah dengan aksi militer. Kita akan yakinkan, bila perlu kita desak agar pemerintah Indonesia mengirim bantuan militer ke Gaza,” kata dia saat berorasi dalam aksi solidaritas Palestina di Patung Kuda, Jakarta pada Ahad (9/6).

Din Syamsudin, demikian sapaan akrabnya, mengatakan, akan mengajak negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) seperti Turkiye, Al-Jazair guna membantu Palestina dari segi militer.

“Bahkan kami akan mengajak negara-negara di luar OKI seperti Rusia untuk juga mengirim bantuan militer ke Gaza,” ujar tokoh Muhammadiyah itu.

Baca Juga:  Masjid Agung Al-Azhar Jakarta Gelar Shalat Idul Adha Ahad 16 Juni

Membuka orasinya, Din Syamsudin menyampaikan bahwa apa yang dilakukan Israel atas Palestina adalah tindakan teroris yang nyata.

“Apa yang dilakukan Israel atas Palestina adalah pelanggaran hak-hak asasi manusia yang berat. Apa yang dilakukan Israel atas Palestina adalah kebiadaban, kezaliman, bentuk teroris nyata, kita kehabisan kata-kata untuk menggambarkan kejahatan itu,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Din mengapresiasi gerakan masyarakat internasional terutama mahasiswa di Eropa yang mendirikan tenda di area kampus guna menuntut pemutusan kerja sama universitas dengan Zionis Israel.

“Alhamdulillah, seluruh dunia bergerak bahkan di kampus-kampus Amerika untuk menunjukkan simpati dan solidaritas terhadap Palestina,” kata dia.

“Maka sebagai bangsa yang cinta damai dan keadilan, khususnya umat Islam jangan tinggal diam, jangan abai, jangan sama sekali tidak punya getaran untuk membela Palestina,” tambahnya.

Baca Juga:  BRIN: Indonesia Terus Andil Dalam Penelitian Global Asia Pasifik

Dalam aksi tersebut ribuan orang dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di Patung Kuda menyuarakan solidaritas Palestina dan kecaman terhadap Zionis Israel.

Dari pantauan MINA di lokasi, para demonstran tampak antusias dan bersemangat mengibarkan bendera Palestina serta menyanyikan lagu-lagu dukungan untuk negara terjajah itu.

Di panggung utama, terpampang backdrop bertuliskan Stop Genocide serta tagar #AllEyesonRafah, #FreePalestine dan #StopGenocide.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Arina Islami

Editor: Widi Kusnadi