Doa Lailatul Qadar

LAILATUL QADAR
Lailatul qadar

Oleh: Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior Kantor Berita MINA

Lailatul Qadar adalah Malam Kemuliaan, yaitu satu malam pada bulan suci Ramadhan yang lebih baik daripada seribu bulan atau sekitar 83 tahun. (QS Al-Qadr).

Jumhur ulama menjelaskan, kemungkinan besar berdasarkan hadits-hadits, Lailatul Qadar itu akan turun pada satu malam di antara sepuluh malam yang akhir bulan Ramadhan. Terutama sekali pada malam-malam ganjil. Namun malam kepastiannya, hanya Allah yang tahu.

Jika kita membiasakannya pada setiap malam sepanjang malam-malam Ramadhan dengan berbagai ibadah dan amal kebaikan, tentu akan lebih mudah untuk menetapkan Lailatul Qadar.

Lalu, doa khusus apa yang perlu dipanjatkan ke hadirat Allah pada Lailatul Qadar?

Adapun secara khusus doa yang sangat perlu untuk dipanjatkan adalah seperti disebutkan di dalam hadits:

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا قَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ وَافَقْتُ لَيْلَةَ الْقَدْرِ مَا أَدْعُو قَالَ تَقُولِينَ اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Artinya : Dari ‘Aisyah, bahwasanya dia bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimanakah menurut baginda, jika saya mendapatkan Lailatul Qadar? Apakah yang mesti saya baca?” Jawab beliau, “Bacalah (doa), “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni (Ya Allah. Sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf,  suka memaafkan, maka maafkanlah aku”. (HR Ibnu Majah dan Ahmad dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha).

Marilah kita perbanyak doa ini pada malam-malam Ramadhan dan ditambah doa-doa kebaikan lainnya sesuai keperluan kita dan kemaslahatan umat.

Semoga kita dapat meraih Lailatul Qadar pada bulan Ramadhan ini. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin. (A/RS2/P1).

Mi’raj News Agency (MINA)