Enam Anggota UAR Lampung Lulus Uji Kompetensi HART di Basarnas

Bandar Lampung, MINA – Enam Anggota Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) Korwil Lampung direkomendasikan Kompeten pada Uji Kompetensi High Angle Rescue Technique (HART), Teknik Pertolongan pada Ketinggian yang diselenggarakan di Kantor SAR Lampung, Senin, (10/10).

Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan (Kadiklat) UAR Lampung, Khoirul Mustofa kepada MINA mengatakan, keikutsertaan dalam ujian ini merupakan bagian dari upaya UAR untuk meningkatkan kemampuan Tim Rescue nya untuk siap terjun membantu Basarnas dalam setiap Operasi SAR.

“Kita kirim enam orang anggota untuk Uji Kompetensi HART ini, dan alhamdulillah dinyatakan kompeten semuanya, mudah-mudahan semakin besar manfaatnya untuk sesama umat manusia,” ujarnya.

Keenam anggota UAR Korwil Lampung tersebut yaitu, Nurhadis, M. Gulam Romdhoni, Afrizal Alfatah, Yusuf Maulana, Santoso, dan Ma’ruf Amarullah.

Ketua UAR Korwil Lampung, Sulaiman Abdullah ditemui di tempat terpisah mengatakan keikutsertaan anggotanya merupakan bagian dari target kerjanya sebagai ketua untuk melahirkan Rescue yang kompeten pada bidang masing-masing.

“Alhamdulillah enam anggota lulus pada bidang HART, nanti kalau ada Uji Kompetensi lagi di Water Rescue misalnya, akan kami kirimkan anggota kami yang telah mengikuti diklat, kami ingin semua anggota punya kompetensi, baik di HART, Water Rescue, Jungle, Mountain, Fire Rescue bahkan kalau memungkinkan Air Rescue dan lain-lain,” katanya.

Ujian Kompetensi diikuti oleh 23 peserta Potensi SAR dari berbagai organisasi seperti Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR), Forum Rescue dan Relawan Lampung (FRRL), Gaspool Lampung, Komunitas Peduli Lingkungan (Kota Agung), Mapala UBL, BPBD, APGI, Koral Lampung, MDMC Metro, SAR LP3UI, Senkom Mitra Polri.

Usai Uji Kompetensi, Ketua Tim Asesor Basarnas, Raymond kepada MINA menyatakan seluruh peserta sejumlah 23 orang kompeten dalam Bidang Teknik Pertolongan pada Ketinggian (HART) ini. “Untuk 23 orang yang ikut Uji Kompetensi, kami rekomendasikan kompeten seluruhnya,” katanya.(L/B03/R1).

Mi’raj News Agency (MINA).

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.