Erdogan: Turki Akan Terus Bantu Pakistan

Erdogan: Turki Akan Terus Bantu Banjir di Pakistan (foto: Anadolu Agency)

Ankara, MINA – Presiden Turki Recep Tayyip mengatakan kepada Perdana Menteri Shehbaz Sharif akan terus melakukan terbaik untuk membantu Pakistan terkait musibah banjir yang melanda negara itu.

Dalam sebuah percakapan via telepon seperti dikutip dari Anadolu Agency, Selasa (13/9), Erdogan dan Sharif membahas perkembangan terbaru tentang musibah banjir dan bantuan Turki untuk para korban, kata Direktorat Komunikasi Turki.

Erdogan mengatakan mengikuti dari dekat upaya Pakistan menangani bencana banjir dan Ankara mengerahkan bantuan serta dukungan yang dibutuhkan.

Sementara itu, Sharif mengekpresikan rasa terima kasihnya kepada Erdogan dan rakyat Turki karena telah memberikan bantuan kemanusiaan ke Pakistan, kata sebuah pernyataan dari Kantor Perdana Menteri Pakistan.

Ankara sejauh ini telah mengirim 12 pesawat militer dan empat “Kereta Kebajikan” yang berisi pasokan bantuan, termasuk ribuan tenda, makanan darurat, obat-obatan, kapal, peralatan dapur, makanan bayi, dan barang-barang lainnya.

Bulan Sabit Merah Turki juga telah mengirimkan dua truk penuh dengan pasokan bantuan

Banjir dari rekor hujan monsun dan pencairan gletser di pegunungan utara telah mempengaruhi 33 juta orang. Bahkan, telah menewaskan hampir 1.400 orang.

Selain menghanyutkan rumah, jalan, rel kereta api, ternak dan tanaman, dalam kerusakan yang menyebabkan kerugian $30 miliar.

Pemerintah Pakistan maupun Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyatakan perubahan iklim yang menimbulkan  cuaca ekstrem yang menyebabkan banjir. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.