Erick Thohir Resmikan Pertashop di Pondok Pesantren

Foto: Erick Thohir meresmikan Pertashop untuk Pondok Pesantren di Desa Surusunda, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. 

Cilacap, Jawa Tengah, MINA – Menteri BUMN Erick Thohir pada Ahad (11/4) meresmikan Pertashop untuk Pondok Pesantren di Desa Surusunda, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Turut mendampingi Erick yaitu Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Petrashop adalah fasilitas penyalur BBM produk Pertamina berskala kecil untuk wilayah terpencil, jauh dari SPBU, yang BBM nya dijual dengan harga resmi.

“Pertashop ini bagian dari BUMN, ini adalah proyek percontohan untuk menuju 1.000 pesantren dengan 1.000 bisnis. Sehingga pesantren dapat mandiri secara finansial, menguatkan ekonomi umat dan mensejahterakan masyarakat sekitar,” ujar Erick saat memberikan sambutan.

Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah itu mengatakan, apa yang dilakukan antara Pertashop dengan Pondok Pesantren Nurul Qur’an Karang Petir, sudah sesuai dengan 4 Pilar dalam Masyarakat Ekonomi Syariah.

“Yang berfokus pada pengembangan pasar industri halal di dalam dan luar negeri, pengembangan industri keuangan syariah nasional, investasi bersahabat yang melibatkan pengusaha di daerah dan pengembangan ekonomi syariah dari pedesaan (dan pesantren) secara berkelanjutan, ” jelasnya.

Di sisi lain, adanya Pertashop di Desa Surusunda, membantu mempermudah akses BBM bagi masyarakat, khususnya dengan harga yang terjangkau.

Seperti diketahui, banyak wilayah yang jauh dari SPBU, sehingga masyarakat sering mendapatkan harga BBM yang lebih mahal.

“Sebagai Menteri, kami di Kementerian BUMN dan juga Pertamina, akan terus mendukung program kemandirian ekonomi masyarakat melalui program kemitraan atau program-program lainnya,” tegas Erick.

Pertashop sendiri adalah lembaga penyalur Pertamina skala kecil yang disiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM Nonsubsidi, LPG Nonsubsidi dan produk Pertamina Ritel lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain. (R/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)