Fauziah : Seorang Guru Harus Punya Multi Disiplin Ilmu

Pimpinan DIniyyah Puteri Padang Panjang (Sumatera Barat) Fauziah Fauzan. (Foto: Putri)
Pimpinan Diniyyah Puteri (Sumatera Barat) Fauziah Fauzan. (Foto: Putri)

Panjang, Padang, 29 Rabi’ul Awwal 1436/20 Januari 2015 (MINA) – Pimpinan Diniyyah Puteri Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), Fauziah Fauzan mengatakan, harus memiliki multi disiplin ilmu.

“Seorang guru harus punya multi disiplin ilmu, kenapa? karena apapun itu, seorang guru harus mengusai Ilmu Agama, Sains, Politik, Ilmu Kejiwaan dan Komunikasi,” ujar fauziah yang biasa disapa Zizi kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin (19/01).

Fauziah mencontohkan, Diniyyah Puteri disebut perguruan karena menyiapkan calon guru-guru yang bisa memiliki multi disiplin Ilmu.

“Diniyyah Puteri disebut perguruan, karena mendidik guru, misalnya seorang harus mengerti, menguasai ilmu Daiyah, Medis dan Keterampilan,” kata Fauziah.

Fauziah mengisahkan, pendiri Diniyah Puteri, Ibunda Rahma El Yunusiyyah, tidak hanya memiliki semangat juang tinggi bagi kaum wanita, tapi juga ia menyiapkan sekolah untuk kaumnya, mencetak guru, sekaligus merangkap sebagai bidan, prajurit, ulama, dan anggota DPR-MPR wanita pertama di Indonesia.

“Alhamdulillah, sampai sekarang Diniyyah Puteri terus berjaya, meskipun dulu prestasinya sempat turun, sekarang tumbuh kembali dan dikenal masyarakat dalam negeri maupun diluar negeri,” tegas Zizi.

Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang merupakan pondok pesantren modern khusus Puteri, terletak Kota Padang Panjang Sumatra Barat. Pesantren modern itu didirikan oleh Rahmah El Yunusiyyah pada tanggal 1 November 1923, saat Belanda sedang menjajah Indonesia.

Rahmah El Yunusiyyah mendirikan Perguruan Diniyyah Puteri pada usia 23 tahun setelah mendapatkan isnpirasi ketika mengikuti pendidikan pada Diniyyahh School yang didirikan oleh kakak kandungnya Zainuddin Labay El Yunusy di tahun 1915.

Saat ini, Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang terus berkembang pesat dengan memiliki lima program pendidikan mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak sampai Sekolah Tinggi untuk mencapai tujuan mulia. Menurut Zizi, alumni Diniyyah Puteri Padang Panjang telah menyebar di beberapa provinsi dan membuka perguruan yang sama. (L/P007/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0