FBI TANGKAP PRIA OHIO TERKAIT PLOT BOM CAPITOL

Personil Federal Bureau of Investigation (FBI). (Foto: File ibtimes.com)
Personil Federal Bureau of Investigation (). (Foto: File ibtimes.com)

Washington, 24 Rabi’ul Awwal 1436/15 Januari 2015 (MINA) – Lembaga investigasi Amerika Serikat (AS) FBI menangkap seorang yang diduga pendukung Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), karena diduga merencanakan menyerang gedung Capitol AS dan membunuh pejabat pemerintah.

Christopher Cornell (20) ditangkap dan didakwa pada Rabu (14/1) dengan mencoba membunuh seorang petugas pemerintah AS dan kepemilikan senjata api, Al Jazeera yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), melaporkan Kamis.

Menurut dokumen pengadilan, FBI mengatakan Cornell melakukan riset pembuatan pipa, membeli senjata dan 600 butir amunisi, serta membuat rencana melakukan perjalanan ke Washington guna melakukan serangan.

Patty Culhane Al Jazeera melaporkan dari Washington, profil Twitter Cornell bersimpati kepada ISIS, juga melakukan kontak dengan informan FBI melalui situs media sosial dan kemudian mengembangkan rencana untuk menyerang gedung kongres dengan bom pipa.

“Cornell memberikan pernyataan yang bertentangan menurut dokumen pengadilan, pada satu titik dia mengklaim Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) dan Anwar Al-Awlaki telah menandatangani rencana serangan, dan kemudian mengklaim ISIS mendukungnya,” lapor Culhane.

Ayah tersangka, John Cornell, mengatakan kepada wartawan, anaknya dipaksa melakukan itu.

Dia mengatakan, anaknya mungkin telah memposting pesan marah tentang jihad, tapi ia tidak akan mampu melakukan serangan.

John mengatakan kepada ABC, anaknya baru memeluk Islam setelah menjadi “rapuh” di sekolah tingginya. (T/P001/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0