Festival Indonesia di Moskow Akan Kembali Digelar

Duta Besar RI untuk Rusia, M Wahid Supriyadi. Foto: Nidiya/MINA

Jakarta, MINA – Duta Besar Indonesia untuk Rusia M. Wahid Supriyadi mengatakan, untuk ketiga kalinya di akan kembali digelar pada 2-5 Agustus 2018 mendatang.

“Festival tahun ini, kita akan mengambil tema ‘Visit Wonderful Indonesia Explorer Our Region‘ dan akan di gelar di taman Krasnaya Presnya dengan luasnya 16,5 Ha,” ujar Wahid di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat (23/2).

Wahid menjelaskan, pada 2 Agustus festival akan didahului dengan business forum yang pertama mengenai kelapa sawit sebagai ekspor terbesar Indonesia, 3-5 Agustus diisi dengan pertunjukan seni budaya nonstop.

“Tidak hanya itu, 80 stan akan disiapkan untuk UKM, dan 20 stan untuk daerah yang ingin berpartisipasi damlam acara festival nanti dan kita akan berikan market seperti, batik, kerajinan tangan dan kuliner,” katanya.

Ia mengatakan, mengenai kesenian yang akan ditampilkan itu tergantung sumbangan dari beberapa daerah.

“Daerah yang rutin mengyumbang kesenian itu dari Boyolali dan Malang,” kata Wahid.

Hasil nyata dari Festival Indonesia pada 2016 dapat dilihat dari peningkatan total perdagangan Indonesia- Rusia sebesar 33,4% dengan nilai 2,6 miliar dolar AS.

Semantara pada 2017, peningkatan total perdagangan Indonesia-Rusia periode Januari- November 2017 sebesar 25,2% dengan nilai 3,27 miliar dolar AS. Peningkatan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia periode Januari-Desember terbesar pertama berasal dari Rusia sebesar 37,28% yakni sebanyak 110.529 wisatawan. (L/R04/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.