FILIPINA DAN QATAR TINGKATKAN KERJASAMA PENDIDIKAN DAN INDUSTRI HALAL

yasmin lao fil abuenaobra
Sekretaris Komisi Nasional Muslim Filipina NCMF, Yasmin Busran-Lao, dalam suatu acara. (Foto: Abuenaobra)

Doha, 29 Dzulhijjah 1436/13 Oktober 2015 (MINA) – Filipina dan tengah meningkatkan hubungan kerjasama di bidang pendidikan dan , menurut laporan media.

Delegasi Filipina yang dipimpin Sekretaris Komisi Nasional Muslim Filipina NCMF (The Philippines through National Commission on Muslim Filipinos) Yasmin Busran-Lao saat berkunjung ke Doha mengatakan, kedua belah pihak berusaha untuk mengeksplorasi kemitraan melalui lembaga dan instansi terkait.

Lao mengatakan, mereka bertemu di Universitas Qatar membahas kejasama, termasuk pertukaran beasiswa dan penelitian untuk mengembangkan industri .

“Melalui penelitian di Universitas Qatar juga diharapkan bisa membantu dalam pengembangan industri, yang dapat menjadi sumber dalam memenuhi kebutuhan pangan dari kedua belah pihak.

Sementara itu, Komisaris NCMF, Edil Baddiri mengatakan, ada juga rencana untuk mengundang investor dari Qatar seperti Hassad  yang berfokus pada pangan, demikian laporan IINA (International Islamic News Agency). 

Menurutnya, dengan komunitas kawasan Asean terintegrasi, Filipina dapat mengejar ketinggalan dengan negara-negara seperti Malaysia, Thailand dan Indonesia dalam pengembangan industri pasar halal dunia.

“Ini adalah awal yang baik, dan kami akan mencoba mempromosikan kepentingan bersama,” kata Baddiri.

Filipina juga mempromosikan pariwisata dan masakan khas Filipina sebagai penunjang industri halal, yang diharapkan dapat mengubah Filipina menjadi tujuan pilihan bagi wisatawan dari Qatar dan dari negara-negara di kawasan Teluk.

Delegasi Filipinan diagendakan bertemu dengan pejabat Qatar Foundation untuk mendiskusikan pemberian hibah dan beasiswa.

Sebelumnya, Sekretaris Komisi Nasional Muslim Filipina Yasmin Busran-Lao bertemu Sekretaris Departemen Pariwisata Filipina Ramon R Jimenez Jr dalam upaya pengembangan pariwisata dan industri halal Filipina. (T/P005/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0