Forum Zakat Turunkan Relawan ke Lokasi Bencana Erupsi Semeru

Jakarta, MINA – Ketua Umum Bambang Suherman mengatakan, anggota Forum Zakat (FOZ) berkomitmen untuk siap siaga dalam penanganan bencana erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang terjadi pada Sabtu (4/12) pukul 13.20 WIB.

“Dalam hal ini yang dilakukan dengan secara paralel turun ke lapangan memberi bantuan sekaligus melakukan assessment kebutuhan masyarakat terdampak dengan menurunkan relawan dari 37 anggota Forum Zakat turun melakukan respon cepat ke lokasi bencana erupsi semeru,” ucap Bambang, demikian keterangan yang diterima MINA.

Ia menjelaskan, untuk memudahkan penanganan, Forum Zakat Jawa Timur juga membuat posko koordinasi di dua titik, yakni Posko Barat di desa Supiturang, Pronojiwo, Lumajang dan Posko Timur di Desa Jatisari, Tempeh, Lumajang.

“FOZ juga secara berkala melakukan koordinasi rutin dengan BNPB dan yang terkait untuk memastikan bahwa giat yang kita lakukan sesuai dengan protokol yang berlaku,” tegasnya.

Selain itu, PPPA Darul Quran salah satunya, telah membantu TNI membuka dan membersihkan jalur evakuasi, melakukan asesment kebutuhan mendesak dan belanja logistik, dan membuat dapur umum.

Selnjutnya, LAZISMU juga menyiapkan emergency medical team di lokasi bencana. Sebagaimana diketahui, banyak korban luka bakar akibat gumpalan awan panas yang turun saat Semeru erupsi.

Bambang mengatakan, kebutuhan mendesak lainnya berupa air bersih, pakaian, masker, P3K, makanan bayi/balita, makanan siap saji, ambulance, selimut, layanan psikososial, alas tidur hingga terpal.

“Hal ini akan terus dipenuhi oleh tim relawan anggota Forum Zakat di lapangan, berdasarkan assessment yang dilakukan, sehingga kebutuhan yang diperlukan korban penyitas erupsi Gunung Semeru dapat terpenuhi dengan baik,” ucapnya. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.