Fotografer AP dari Kashmir Menang Penghargaan Pulitzer

Seorang pemrotes bertopeng Kashmir melompat ke atas kap mobil polisi India ketika melemparinya dengan batu saat protes di Srinagar (Foto: Dar Yasin / AP)

Tindakan keras India yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap yang dikelolanya pada Agustus lalu, termasuk jam malam serta penutupan layanan telepon dan internet, sulit untuk ditunjukkan kepada dunia.

Namun, kantor berita Associated Press, Dar Yasin, Mukhtar Khan, dan Channi Anand menemukan cara untuk melaporkannya. Sekarang, karya mereka telah dihormati dengan Penghargaan 2020 dalam fotografi fitur.

Pemenang hadiah diumumkan secara virtual pada Senin, 4 Mei 2020, karena wabah virus corona.

Administrator Dewan Pulitzer, Dana Canedy menyatakan pemenang dari ruang tamunya melalui streaming langsung di YouTube daripada pada sebuah pesta penghargaan di Universitas Columbia New York.

Dalam sebuah pernyataan di situs web mereka setelah pengumuman itu, Pulitzer mengatakan, para fotografer Kashmir dipilih karena “gambar kehidupan yang mencolok” di wilayah Himalaya yang disengketakan.

Penghargaan Pulitzer umumnya dianggap sebagai kehormatan tertinggi yang dapat diterima oleh jurnalis dan organisasi yang berbasis di Amerika Serikat.

Muneefa Nazir berusia enam tahun, seorang gadis Kashmir yang mata kanannya terkena bola marmer yang diduga ditembak oleh tentara India pada 12 Agustus 2019 (Foto: Mukhtar Khan / )

‘Penting dan luar biasa’

Berliku-liku melewati penghalang jalan, kadang-kadang berlindung di rumah orang asing dan menyembunyikan kamera di tas sayur, tiga fotografer mengambil gambar aksi protes, tindakan polisi, paramiliter dan kehidupan sehari-hari.

Mereka kemudian menuju ke bandara setempat untuk membujuk para turis untuk membawa file foto bersama mereka dan memberikannya ke kantor AP di ibu kota India, New Delhi.

“Itu selalu kucing-dan-tikus,” kenang Yasin pada hari Senin melalui email. “Hal-hal ini yang membuat kami lebih bertekad daripada sebelumnya untuk tidak pernah dibungkam.”

Yasin dan Khan tinggal di kota utama Kashmir, Srinagar, sementara Anand tinggal di distrik Jammu.

Anand mengatakan, penghargaan itu membuatnya tidak bisa berkata-kata. “Saya terkejut dan tidak bisa mempercayainya,” katanya.

Presiden dan CEO AP Gary Pruitt mengatakan, pekerjaan mereka “penting dan luar biasa.”

“Terima kasih kepada tim di dalam Kashmir, dunia dapat menyaksikan peningkatan dramatis perjuangan panjang atas kemerdekaan kawasan.”

Konflik telah berkobar selama beberapa dekade di wilayah Kashmir yang berpenduduk mayoritas Muslim, terbagi antara India dan Pakistan dan diklaim oleh kedua negara berkekuatan nuklir itu.

Ketegangan itu mencapai titik balik baru pada Agustus 2019, ketika pemerintah nasionalis Hindu Perdana Menteri India Narendra Modi mencabut sebagian semi-otonomi yang dikelola India, dan membagi Negara bagian Jammu dan Kashmir menjadi dua wilayah federal.

India mengerahkan lebih banyak pasukan ke daerah yang sudah sangat termiliterisasi itu, memberlakukan jam malam yang lama dan pembatasan yang keras pada hak-hak sipil, memutus layanan internet, ponsel, telepon rumah dan TV kabel, lebih ketat dari lockdown (penguncian) di masa pandemi COVID-19.

India mengatakan, langkah itu diperlukan untuk mencegah protes dan serangan oleh pemberontak yang mencari kemerdekaan. Ribuan orang, termasuk politisi senior dan separatis, ditangkap.

Bulan lalu, beberapa jurnalis terkemuka Kashmir didakwa oleh polisi India di bawah undang-undang ketat untuk unggahan media sosial “anti-nasional” mereka – sebuah langkah yang dikecam oleh pers dan kelompok-kelompok hak asasi manusia dari seluruh dunia.

Seorang tentara Pasukan Keamanan Perbatasan India (BSF) berjaga di dekat perbatasan India-Pakistan, sekitar 35km (22 mil) barat Jammu. (Foto: Channi Anand / AP)

New York Times memimpin di Pulitzer

The New York Times (NYT) mengumpulkan tiga penghargaan Pulitzer 2020, termasuk untuk laporan investigasi Brian M Rosenthal ke industri taksi Kota New York yang mengungkapkan pinjaman predator yang mengambil keuntungan dari pengemudi rentan.

NYT juga memenangkan hadiah pelaporan internasional untuk serangkaian cerita tentang rezim Presiden Rusia Vladimir Putin. Sementara di surat kabar Nikole Hannah-Jones memenangkan komentar terbaik untuk esai pribadi yang menampilkan asal-usul AS melalui kacamata orang Afrika yang diperbudak.

Kantor berita Reuters memenangkan penghargaan fotografi berita untuk foto-foto protes Hong Kong.

Courier-Journal di Lexington, Kentucky memenangkan hadiah pelaporan berita untuk liputan ratusan menit dari Gubernur Kentucky Matt Bevin.

Hadiah pelaporan penjelasan diberikan kepada staf The Washington Post untuk seri yang menunjukkan efek suhu ekstrem di planet ini.

Baltimore Sun membawa pulang penghargaan pelaporan lokal yang melaporkan hubungan keuangan antara walikota kota dan sistem rumah sakit umum yang diawasi kantornya.

Dua organisasi memenangkan penghargaan pelaporan nasional: ProPublica untuk investigasi terhadap serangkaian kecelakaan di Angkatan Laut AS dan The Seattle Times untuk liputan yang mengungkap kelemahan desain di Boeing 737 Max.

Ben Taub dari The New Yorker memenangkan penghargaan penulisan artikel cerita tentang persahabatan yang tumbuh antara penjaga Guantanamo Bay dengan penculiknya yang disiksa.

Sementara kutipan khusus diberikan kepada Ida B Wells, pelopor awal jurnalisme investigatif dan ikon hak-hak sipil. (AT/RI-1/P2)

 

Sumber: Al Jazeera

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.