Gempa Baru 6,4 SR Hantam Türkiye Selatan, Terasa di Palestina

Ankara, MINA – Departemen Darurat dan Penanggulangan Bencana Türkiye melaporkan, Senin, (20/2) malam, dua gempa bumi terjadi di Hatay, di sebelah selatan Türkiye.

Gempa yang pertama berkekuatan 6,4 di wilayah Devni dan yang kedua dengan kekuatan 5,8 di wilayah Samandag, yang dirasakan sampai ke , Lebanon, Yordania, dan Palestina.

Dikutip dari Palinfo, Badan Bencana dan Darurat Türkiye (AFAD), mengatakan dalam sebuah pernyataan, pusat gempa pertama terjadi pada pukul 20:04 waktu setempat (17:04 GMT) berada di distrik Dafna di negara bagian itu, dan mencatat bahwa gempa tersebut terjadi di kedalaman 16,7 kilometer, dirasakan oleh penduduk negara bagian sekitar dan Suriah utara.

Disebutkan bahwa gempa kedua terjadi 3 menit setelah yang pertama, dengan kekuatan 5,8 skala Richter, di distrik Samandag Bhattay. Pusat Penelitian Gempa di Universitas Türkiye Bosphorus mengumumkan, 9 gempa susulan telah tercatat sejak gempa baru terjadi di Hatay.

Departemen Darurat dan Manajemen Bencana Türkiye meminta warga untuk menjauh dari bangunan yang rusak di zona gempa di Hatay.

Personel tentara Türkiye mengevakuasi yang terluka di Hatay setelah dua gempa bumi yang melanda wilayah tersebut, sementara gedung Direktorat Harapan di Kahramanmaraş selama kunjungan Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu dievakuasi karena gempa tersebut.

Media Türkiye melaporkan mendengar suara bangunan runtuh di Antakya, yang terkena dampak gempa dahsyat yang melanda Turki selatan dan Suriah utara saat fajar pada 6 Februari.

Sementara, Anadolu Agency mengutip Fuat Oktay, Wakil Presiden  menyerukan warga untuk menjauh dari bangunan yang rusak dan mengikuti instruksi dari tim penyelamat. “Kami melanjutkan penyelidikan kami setelah gempa baru di Hatay.”

Gempa baru menyebabkan pemadaman listrik di Antakya, sementara otoritas Türkiye tidak melaporkan adanya korban hingga pukul 20:30 waktu setempat (17:30 GMT).

Gempa tersebut juga menimbulkan korban jiwa di barat laut Suriah, sementara sejumlah bangunan runtuh di Jenderes dan Azaz akibat gempa tersebut.

Video yang beredar di media sosial memperlihatkan warga Lebanon turun ke jalan setelah merasakan gempa yang terjadi di Hatay, Türkiye. (T/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.