Habib Rizieq : Aksi 212 Bawa Pesan Persaudaraan

Pimpinan FPI Habib Rizieq Shihab dalam acara Dialog Nasional Reuni 212. (Foto : Tangkapan Layar Front TV)

Jakarta, MINA – Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dalam sambutanya pada acara Dialog Nasional Reuni 212 yang diselenggarakan secara daring pada Rabu (2/12) mengatakan, aksi 212 yang diselenggarakan setiap tahunya membawa pesan persaudaraan.

“Berbicara Reuni 212 kita kembali pada kenangan dulu pernah bersama-sama dalam aksi 212 pada tahun 2016. Yang ingin saya ingatkan bahwa dalam Aksi 212 tahun 2016 bahkan reuni-reuni selanjutnya sampai hari ini yang kita gelar bersama secara daring di sana ada spirit persaudaraan kemanusiaan,” kata Habib Rizieq.

Ia mengatakan, hal itu karena semua manusia sama-sama berasal dari Nabi Adam yang diciptakan dari tanah.

“Artinya di antara sesama manusia kita harus tinggalkan kesombongan, keangkuhan, ketakaburan oleh karena kita semua berasal dari tanah liat dan kita semua harus menyadari bahwa kita tidak akan pernah mulia jika kita tidak bertaqwa kepada Allah,” ujarnya.

Habib Rizieq juga mengatakan, Allah menciptakan umat manusia dengan aneka perbedaan latar belakang agar saling mengenal dan dengan saling mengenal itu maka akan tumbuh rasa saling pengertian.

“Maka saya ingatkan kepada seluruh umat Islam dan seluruh elemen bangsa, berbicara kemanusiaan jangan berbicara ras, suku, budaya, agama, partai ataupun kelompok. Kita harus meninggalkan itu semua,” tambahnya.

Selain itu Habib Rizieq juga menekankan, selain spirit persaudaraan kemanusiaan, dalam aksi 212 juga ada spirit persaudaraan kebangsaan dan persaudaraan sesama umat Islam (ukhuwah islamiyyah).

Tidak digelar di Monas, Reuni 212 yang diselenggarakan oleh Persaudaraan Alumni (PA) 212 bersama Front Pembela Islam (FPI) dan Gerakan Pengawal Fatwa Ulama (GNPF) yang memasuki tahun ketiga ini diselenggarakan dengan dialog nasional secara daring melalui live Youtube Front TV dengan menghadirkan mulai dari tokoh ulama, habaib, pejabat, dan akademisi.

Reuni 212 sendiri tidak digelar di Monas seperti pada tahun tahun sebelumnya karena tidak menerima izin dari Pemprov DKI Jakarta yang saat ini masih dalam masa PSBB akibat pandemi covid-19. (L/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)