Hadapi MEA, Mahasiswa Diminta Latih Diri Berwirausaha

    Wakil Ketua DPR RI, . (Foto: Partementaria)

Jakarta, MINA – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra meminta mahasiswa untuk melatih diri berwirausaha, mengembangkan kreativitas, dan potensi diri secara optimal guna menghadapi era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi ASEAN ().

“Saat ini, yang dibutuhkan bukan hanya penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan manajemen diri, tetapi sudah mengarah pada pembentukan jiwa kewirausahaan mahasiswa,” kata Sutan Adil dalam laman Parlementaria yang dikutip MINA, Rabu (21/2).

Pasalnya, lanjut politisi F-Gerindra itu, profil lulusan saat ini yang diharapkan masyarakat bukan hanya sebatas penguasaan ilmu pengetahuan.

“Tuntutan itu, sejalan dengan perkembangan dunia modern yang mengarah pada tumbuh kembangnya ekonomi baru yang bersumber pada kreativitas atau sering disebut dengan istilah ekonomi kreatif,” ujarnya.

Sutan menambahkan, hal itu penting disadari oleh kalangan perguruan tinggi bahwa kreativitas yang dikembangkan selama mahasiswa di kampus menjadi salah satu kunci keberhasilan lulusan.

“Proses kreativitas yang tumbuh dalam perkuliahan akan melahirkan sarjana entrepreneursip, mandiri dan dinamis dalam menghadapi perubahan zaman. Sehingga jiwa wirausaha mahasiswa inilah yang akan menjadi kunci keberhasilan lulusan, baik secara sosial, ilmu pengetahuan, kompetensi hingga ekonomi mereka nantinya,” jelasnya.

Masih dalam konteks kewirausahaan mahasiswa, Sutan juga meminta kampus menjadi pusat penyemaian (inkubasi) bagi jiwa-jiwa wirausaha yang mandiri. Salah satu cara yang harus dilakukan kampus adalah dengan menyesuaikan kurikulum yang memancing semangat wirausaha.

“Kampus harus mencari pemasukan bagi operasional mereka, artinya mindset-nya harus wirausaha, agar ada pemasukan untuk kemajuan lembaga,” pungkas politisi asal dapil Jambi itu. (R/R09/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)