Hari Ini, 3.683 Jamaah Haji Indonesia Diberangkatkan ke Arab Saudi

Jakarta, MINA – Sebanyak 3.683 dari sembilan kloter akan diberangkatkan hari ini, Ahad (26/6) ke Tanah Suci, Arab Saudi.

“Rencana keberangkatan Jamaah haji Indonesia gelombang 2, Ahad, 26 Juni 2022 akan diberangkatkan sebanyak 9 kloter dari 7 embarkasi,” kata Juru Bicara PPIH Pusat, Akhmad Fauzin saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Fauzin menjelaskan, sembilan kloter dari tujuh embarkasi yang akan diberangkatkan hari ini yaitu: BTH (Batam), BPN (Balikpapan), JK (Jakarta Saudia Airlines), PLM(Palembang), SOC (Solo), SUB (Surabaya) dan UPG(Ujungpandang).

Memasuki hari ke-23 operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443H/2022M, kedatangan jamaah haji reguler Indonesia yang tiba di Jeddah sebanyak  3.640 orang, sehingga total yang telah diberangkatkan ke tanah suci sebanyak 68.774 orang.

Sementara itu, kata Fauzin, jamaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci bertambah dua orang.

Keduanya adalah almarhum Samiran Mudjiono Kartoredjo, laki-laki, 64 tahun nomor paspor C68 17 415, asal kloter SUB10 dan almarhumah Yuli Nurani Hidayah, perempuan, 56 tahun, nomor paspor C68 53 185, asal kloter SOC27.

Sehingga sampai hari ini jumlah jamaah Indonesia yang wafat sebanyak 14 orang.

Sementara jamaah haji sakit sebanyak 95 orang, 76 orang rawat jalan, 14 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan lima orang dirawat di RSAS.

Fauzin menambahkan, kondisi cuaca di Arab Saudi saat ini dilaporkan, rata-rata suhu tertinggi 44 derajat Celsius.

Petugas haji di Arab Saudi selalu menghimbau kepada jamaah haji Indonesia untuk membatasi aktivitas di luar ruangan, jangan menunggu haus untuk minum, makan tepat waktu serta istirahat yang cukup. (R/R5?p1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.