Hari Ke-20, Tahanan Palestina Lanjutkan Aksi Protes di Penjara Israel

Ramallah, MINA – Hingga hari ke-20, Ahad (5/3), ribuan tahanan politik Palestina di penjara Israel melanjutkan aksi protes untuk menentang tindakan represif yang diprakarsai oleh Menteri Keamanan Nasional Israel ultranasionalis Itamar Ben-Gvir.

Menurut Wafa, aksi protes yang dilakukan oleh para antara lain adalah penutupan berbagai bagian penjara, menghentikan aspek kehidupan sehari-hari, mengenakan seragam penjara coklat wajib dan menolak pemeriksaan keamanan harian.

Pada 14 Februari lalu, Komite Darurat Tertinggi untuk Urusan Tahanan Palestina mengumumkan dimulainya pembangkangan sipil sebagai tanggapan atas kampanye penindasan.

Menurut Komisi Urusan Tahanan Palestina, tindakan pembangkangan sipil akan meningkat menjadi aksi mogok makan terbuka yang dimulai pada hari pertama bulan puasa Ramadhan mendatang.

Ben Gvir pada 8 Januari lalu, mengumumkan untuk membatalkan keputusan yang memungkinkan setiap anggota parlemen di Knesset Israel mengunjungi warga Palestina yang dipenjara.

Tindakan kasar lainnya yang diberlakukan oleh Layanan Penjara Israel (IPS) terhadap para tahanan juga termasuk mengurangi jumlah air yang mereka gunakan dan mengurangi durasi mandi.

Organisasi hak asasi manusia mengutuk otoritas penjara Israel atas perlakuan tidak manusiawi mereka terhadap tahanan Palestina.

Saat ini, penjara Israel menampung ratusan tahanan politik Palestina, termasuk 160 anak dan sekitar 30 wanita. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.