Hizbullah Lebanon Ikut Serang Israel dengan Puluhan Roket Katyusha

Pejuang Hizbullah Lebanon menembakkan roket ke wilayah Palestina yang diduduki Israel, Ahad, 14 April 2024. (Foto: Media militer Hizbullah)

Beirut, MINA – Kelompok Hizbullah di Lebanon pada Ahad pagi (14/4) mengumumkan penargetan beberapa situs militer di wilayah utara yang diduduki dengan menggunakan puluhan roket Katyusha.

Dalam sebuah pernyataan, Hizbullah mengumumkan serangan terhadap pos terdepan Israel di Nafah, Yarden, dan Kila di Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki Israel.

Pernyataan tersebut menegaskan kembali bahwa operasi dilakukan untuk mendukung keteguhan rakyat Palestina di Jalur dan Perlawanan mereka yang berani dan terhormat, serta sebagai respons terhadap agresi Israel di desa-desa dan kota-kota di Lebanon selatan, termasuk al-Khiyam dan Kafr Kila, yang mengakibatkan kehancuran, membunuh dan melukai beberapa warga sipil.

Koresponden Al Mayadeen di Lebanon selatan melaporkan bahwa jet pendudukan Israel melakukan serangan udara yang menargetkan wilayah Iqlim al-Tuffah dini hari tadi.

Baca Juga:  Israel Buka Kembali Penyeberangan Erez ke Gaza

Operasi Hizbullah dilakukan ketika pendudukan Israel dihantam oleh puluhan drone dan rudal Iran yang diluncurkan oleh Pasukan Dirgantara IRGC sebagai tanggapan atas serangan konsulat Iran di Damaskus dua pekan lalu.

IRGC mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa operasi “Janji Sejati” yang menargetkan situs militer Israel terjadi “sebagai tanggapan atas berbagai kejahatan jahat rezim Zionis,” termasuk serangan terhadap kedutaan.

IRGC juga menambahkan bahwa pasukannya, yang didukung oleh unit lain dari Angkatan Bersenjata Iran, melancarkan operasi militer yang “luas”.

Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa serangan tersebut menargetkan situs militer Israel yang berhasil mengenai dan menghancurkan targetnya.

Koresponden Sky News menggambarkan serangan terhadap Israel ini yang “belum pernah terjadi sebelumnya”. (T/RI-1/R1)

Baca Juga:  Peran Dakwah dalam Memperbaiki Akhlak Umat

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.