ICBS Gelar Road Show ke Jambi

Padang, MINA – Terpadu Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Payakumbuh kembali melakukan program Road Show di awal tahun 2018 ini. Road Show bertajuk “ICBS Goes To School: Finding the Qur’anic Generation” tersebut menyasar Kota Jambi dan Kota Padang Januari 2018.

Ketua Tim Road Show sekaligus Wakil Pimpinan ICBS, H Hannan Putra Lc mengatakan, tujuan digelarnya Road Show tersebut untuk menjalin silaturrahim lebih dekat dengan wali murid ICBS.

“Kami ingin menyambangi langsung wali murid yang jauh-jauh menyekolahkan anaknya ke ICBS. Kami juga ingin meninjau dan melihat langsung, bagaimana program sekolah Birrul Walidain. Apakah bisa berjalan efektif ketika santri pulang ke rumah,” kata Hannan dalam keterangan tertulis, di Padang,  Selasa (16/1).

Dia juga mengatakan, Program Birrul Walidain semacam tugas yang diberikan kepada masing-masing santri ICBS untuk mengabdikan dirinya sebaik-baiknya di rumah. Karena hanya sekali tiga bulan mereka diperkenankan pulang ke rumah, mereka harus memaksimalkan quality time dengan orang tua dan anggota keluarga mereka di rumah.

“Program Birrul Walidain tidak hanya menugaskan santri untuk membantu pekerjaan rumah orang tua atau hanya sebatas menyenangkan hati orang tua mereka. Lebih dari itu, mereka (para santri ICBS) punya misi menghidupkan suasana religi di rumah. Sehingga orang tua mereka terbawa sholeh oleh mereka,” jelas Hannan.

Dalam kunjungan Road Show ICBS yang dipimpin Hannan menyambangi beberapa tempat, yakni; Damasraya, Muaro Bungo, Muaro Tebo, dan Rimbo Bujang. Mereka disambut hangat oleh Bupati Muaro Bungo serta masyarakat setempat. “Alhamdulillah, kehadiran kita di sana sudah ditunggu oleh para wali murid kita yang berasal dari sana. Mereka antusias mengikuti seluruh rangkaian acara kita di beberapa tempat,” papar Hannan.

Selama Road Show, Hannan berkesempatan untuk memberikan tabligh akbar di beberapa Masjid. Diantara masjid yang dikunjungi yakni; Masjid Raya Al-Furqan Muhammadiyah Muaro Bungo, Masjid Namirah Pasar Muaro Bungo, Masjid Al-Ikhwan (Khutbah Jum’at), Masjid Agung Muaro Bungo, dan Masjid At-Taqwa Rimbo Bujang.

Seluruh materi tabligh akbar mengangkat topik seputar pendidikan anak dalam keluarga. Menurutnya hal ini memang diperuntukkan khusus untuk wali santri ICBS agar mereka punya motivasi dan pengetahuan baru dalam mendidik anak di rumah. Hannan sebagai pemateri tabligh akbar mengupas beberapa trik dalam mengawal keshalehan anak di rumah.

Selain tabligh akbar, rombongan Road Show juga menyambangi beberapa sekolah dasar Favorit di Muaro Bungo, Muaro Tebo, dan Rimbo Bujang. Mereka ingin bersilaturrahim dengan sekolah yang telah mengamanahkan alumninya untuk melanjutkan pendidikan di ICBS. Sekaligus promosi beberapa program unggulan ICBS di sekolah-sekolah tersebut.

Kehadiran rombongan Road Show pun mendapatkan tawaran menggiurkan dari masyarakat. Dalam pertemuan dengan Wakil Bupati Muaro Bungo, Safrudin Dwi Apriyanto SPd, ada tawaran dari masyarakat Jambi yang ingin mewakafkan tanahnya seluas 9 hektare.

“Kita sambut baik niat tulus masyarakat Bungo yang ingin mewakaf tanah tersebut. Ini juga sesuai dengan program Pemkab Bungo yang ingin mewujudkan satu kelurahan satu rumah Qur’an,” Safrudin.

Menurutnya, selama ini sekolah Agama yang disasar anak-anak Bungo melanjutkan pendidikan ke Padang Panjang. Dengan adanya ICBS, sudah ramai anak-anak di Jambi yang melanjutkan ke Payakumbuh. “Dengan adanya tanah wakaf ini, semoga ICBS bisa pula membuka cabangnya di Bungo,” harap Safrudin. (R/R03/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.