Inception G42 Rilis Aplikasi Kecerdasan Buatan Berbahasa Arab ‘Jais’

(Sumber: WAM)

Abu Dhabi, MINA– Inception, sebuah perusahaan G42 bermarkas di Uni emirat (), yang berdedikasi untuk mendorong batas-batas atau Artificial Intelligence (AI), mengumumkan peluncuran sumber terbuka “”, perangkat lunak berbahasa Arab canggih yang dapat mendukung aplikasi AI generatif.

Jais sebagai Model Bahasa Besar Arab dengan kualitas tertinggi di dunia ini memiliki parameter 13 miliar yang dilatih pada kumpulan data berbahasa Arab dan Inggris senilai 395 miliar token yang baru dikembangkan.

Dalam laporan WAM yang dikutip MINA, Ahad (3/9), dengan nama yang terinspirasi dari puncak tertinggi di UEA, Jais akan membawa manfaat AI generatif ke seluruh dunia berbahasa Arab.

Model tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Inception, Universitas Kecerdasan Buatan Mohamed bin Zayed (MBZUAI) dan Cerebras Systems yang berbasis di Silicon Valley, yang merancang chip seukuran piring makan yang bersaing dengan perangkat keras AI Nvidia (NVDA.O) yang kuat.

Pasokan chip Nvidia terbatas, sehingga mendorong perusahaan di seluruh dunia untuk mencari alternatif. Program itu dibuat di Condor Galaxy; superkomputer multi-exaFLOP AI yang baru-baru ini diumumkan yang dibuat oleh G42 dan Cerebras.

Peluncuran Jais yang dikembangkan berkolaborasi dengan  sekelompok insinyur, peneliti, dan perusahaan chip yang berbasis di Silicon Valley berkolaborasi untuk merilis perangkat lunak berbahasa Arab canggih ini menandai tonggak penting dalam bidang AI untuk dunia Arab.

Program ini adalah model yang dikembangkan di dalam negeri di ibu kota UEA, Abu Dhabi, yang menawarkan peluang bagi lebih dari 400 juta penutur untuk memanfaatkan potensi AI generatif.

Hal ini akan memfasilitasi dan mempercepat inovasi, menyoroti posisi terdepan Abu Dhabi sebagai pusat AI, inovasi, pelestarian budaya, dan kolaborasi internasional.

Dengan Jais yang bersumber terbuka, Inception bertujuan untuk melibatkan komunitas ilmiah, akademis, dan pengembang untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem AI berbahasa Arab yang dinamis.

Hal ini dapat menjadi model bagi bahasa-bahasa lain yang saat ini kurang terwakili dalam AI arus utama.

CEO Inception, Andrew Jackson mengatakan, pihaknya percaya bahwa inovasi akan tumbuh subur ketika kita dapat saling berkolaborasi.

“Dengan rilis ini, kami menetapkan standar baru untuk kemajuan AI di Timur Tengah dan memastikan bahwa bahasa Arab, dengan kedalaman dan warisannya, dapat berperan dalam lanskap AI,” tujarnya.

Jackson menambahkan, Jais merupakan bukti komitmen pihaknya terhadap keunggulan dan dedikasi untuk mendemokratisasi AI dan mendorong inovasi.

Jais mengungguli model Arab yang ada dengan selisih yang cukup besar. Model ini juga bersaing dengan model bahasa Inggris dengan ukuran serupa meskipun dilatih dengan data bahasa Inggris yang jauh lebih sedikit.

Hasil yang menarik ini menunjukkan bahwa komponen bahasa Inggris model tersebut belajar dari data bahasa Arab dan sebaliknya, membuka era baru dalam pengembangan dan pelatihan LLM.

Presiden MBZUAI dan Profesor Universitas Eric Xing menyampaikan, pengembangan LLM Arab berkaliber tinggi menuntut penelitian AI yang mutakhir selain pemahaman mendalam dan beragam mengenai bahasa Arab, keragaman dan warisannya, serta semakin pentingnya LLM di seluruh eselon masyarakat.

“Berkat penelitian dan kemitraan kami dengan Inception dan organisasi regional dan global terkemuka lainnya, MBZUAI akan terus merintis LLM yang efisien, efektif, dan akurat,” ujarnya.

Jais adalah model bahasa besar berbasis transformator yang menggabungkan banyak fitur mutakhir, termasuk penyematan posisi ALiBi, yang memungkinkan model melakukan ekstrapolasi ke masukan yang lebih panjang, sehingga memberikan penanganan konteks dan akurasi yang lebih baik.

Teknik canggih lainnya mencakup SwiGLU dan parameterisasi pembaruan maksimal untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi pelatihan model.

Pelatihan, penyempurnaan, dan evaluasi Jais dilakukan oleh tim gabungan Inception/MBZUAI pada Condor Galaxy 1 (CG-1), superkomputer AI canggih yang baru-baru ini diumumkan dan dikembangkan bersama oleh G42 dan Cerebras Sistem.

Model sumber terbuka dengan 13 miliar parameter dilatih pada kumpulan data unik dan dibuat khusus yang terdiri dari 116 miliar token Arab yang dirancang untuk menangkap kompleksitas, nuansa, dan kekayaan bahasa Arab.
Ini juga mencakup 279 miliar token kata bahasa Inggris untuk meningkatkan kinerja model melalui transfer lintas bahasa.

Inception dan MBZUAI akan terus memperluas dan menyempurnakan Jais seiring pertumbuhan komunitas penggunanya.

“Kemitraan strategis kami dengan G42 telah memberikan hasil yang luar biasa. Beberapa minggu yang lalu, kami memperkenalkan superkomputer multi-exaFLOP AI pertama, Condor Galaxy 1 (CG-1). Kini, kemitraan ini memberikan terobosan penting lainnya: LLM Arab terkemuka untuk komunitas sumber terbuka,” kata Andrew Feldman, salah satu pendiri dan CEO Cerebras Systems.

Di Cerebras, lanjuta dia, hasrat perusahaanya adalah membangun teknologi yang inovatif. Salah satu imbalan besarnya adalah melihat cara-cara inovatif yang digunakan.

“Jais merupakan kontribusi signifikan terhadap komunitas open-source internasional. Ini juga merupakan bukti betapa mudahnya CG-1 adalah dengan menggunakan dan memungkinkan pengembangan model AI yang sangat cepat,” pungkas Feldman.

Jais tersedia untuk diunduh di Hugging Face. Pengguna juga dapat mencoba Jais online setelah mendaftarkan minat di situs Jais dan menerima undangan untuk mengakses lingkungan taman bermain.(T/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.