Indeks Global: Israel Dekati Garis Merah Korupsi

Nazareth, MINA – Indeks Korupsi Global mengungkapkan, pemerintah Israel mengalami kemunduran dalam indeks transparansi, dan mendekati garis merah korupsi, selama tahun 2021 yang lalu.

Hal itu terungkap dalam laporan tahunan Transparency International cabang Israel, yang diterbitkan Selasa (25/1), seperti dilaporkan surat kabar Ibrani Maariv.

Laporan menunjukkan Israel memperoleh skor 59 dalam indeks korupsi tahunan, mendekati skor 50, “garis merah” yang menggambarkan negara-negara korup.

Indeks tersebut menggunakan skala dari nol hingga 100, di mana nilai 100 diberikan kepada negara-negara yang paling jujur, dan nilai 0 untuk negara-negara yang paling korup.

“Ini adalah pertama kalinya Israel memperoleh skor di bawah 60 dalam Indeks Korupsi Global. Sebelumnya memperoleh skor 60 pada indeks 2020,” lanjut laporan.

Kepala Transparency International Israel, pensiunan hakim Nili Arad, mengatakan, “indeks 2021 menunjukkan peningkatan korupsi di Israel.”

Ia mencatat “gravitasi yang diberikan ini meningkat dalam periode menghadapi epidemi Corona, yang membutuhkan transparansi lebih besar. dan perlindungan bagi dasar-dasar demokrasi.”

Dia menambahkan, indeks tersebut adalah tanda peringatan dari fenomena korupsi, untuk mencegah kemerosotannya menuju ciri-ciri negara yang korup.

Pada saat yang sama, persidangan mantan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berlanjut, dalam tiga kasus korupsi, terkait dengan penerimaan suap, pelanggaran kepercayaan, dan penipuan.

Sebelumnya mantan menteri dalam negeri dan ketua gerakan keagamaan “Shas”, Aryeh Deri, yang telah menjalani hukuman penjara setelah dinyatakan bersalah karena korupsi, memutuskan untuk mengundurkan diri dari Knesset setelah tuntutan pidana baru diajukan terhadapnya oleh Jaksa Agung Avichai Mandelblit. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.