Indonesia Desak Myanmar Repatriasi Pengungsi Rohingya

Pertemuan tingkat Menlu Negara ASEAN (AMM).(Foto: Kemlu RI)

Jakarta, MINA – Indonesia mendesak agar Myanmar dengan bantuan negara ASEAN, dapat menyelesaikan akar permasalahan Rohingya agar repatriasi dapat dilakukan secara sukarela, aman, dan bemartabat.

“Bagi Indonesia, Myanmar adalah rumah bagi saudara-sadara kita Rohingya, dan mereka harus terus dilindungi,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pertemuan tingkat tinggi para Menlu ASEAN (AMM) ke-53 yang berlangsung secara virtual, Rabu (9/9).

Menlu RI juga menyampaikan, Indonesia pada Ahad (7/9) kembali menerima 296 warga Rohingya yang sebelumnya pada 24 Juni 2020 menerima 99 orang di Aceh.

“Apa yang dilakukan Indonesia tentunya didasarkan pertimbangan kemanusian untuk menampung mereka secara temporer atau sementara,” jelas Retno.

Namun demikian, lanjut Retno, Indonesia menekankan bahwa akar permasalahan atau core issue dari situasi ini harus diselesaikan.

Selain itu, Indonesia menekankan pentingnya kerja sama untuk melawan kejahatan lintas batas, termasuk penyelundupan manusia karena diduga warga Rohingya uga merupakan korban dari kejahatan lintas batas. (L/RE1/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.