Indonesia Siap Ikuti Islamic Solidarity Games di Azerbaijan

Baku, 15 Rajab 1438/12 April 2017 (MINA) – Indonesia tengah bersiap untuk berkompetisi pada Islamic Solidarity Games yang akan diselenggarakan di Baku, Azerbaijan pada 11-22 Mei 2017 mendatang.
Sebagaimana keterangan pers Kemlu RI yang diterima MINA, Rabu (12/4), pendaftaran atlet Indonesia juga telah dimulai sejak tahun lalu.
Pada 10 April 2017, secara khusus Komite Olimpiade Indonesia (KOI) bertemu dengan panitia  Azerbaijan Islamic Solidarity Games Operations Committee (AISGOC) dan Islamic Solidarity Sports Federation (ISSF) guna memastikan keikutsertaan Indonesia.
Dari pertemuan tersebut dipastikan bahwa Indonesia akan berkompetisi pada 13 cabang olahraga dan mengirimkan sekitar 110 orang atlet ke Baku.
Adapun cabang olahraga yang akan diikuti Indonesia antara lain basket, voli, menyelam, renang, atletik, para atletik, jimnastik, yudo, karate, menembak, taekwondo, angkat beban, dan wushu.
Guna memastikan kelancaran semua persiapannya, pihak KOI juga menyempatkan untuk bertemu dengan Kedutaan Besar RI di Baku pada tanggal 11 April 2017.
Duta Besar RI Baku dalam pertemuan ini menyampaikan kesediaan dan kesiapan KBRI Baku untuk mendukung sepenuhnya keikutsertaan Indonesia dalam Islamic Solidarity Games.
Dubes RI, Husnan Bey Fananie juga menyampaikan “Seperti halnya penyelenggaraan ISG ke-3 di Palembang pada 2013 lalu, Indonesia berharap agar ISG dapat menekankan semangat ukhuwah islamiyah, sebagai alat untuk membangun solidaritas dan toleransi antar negara Islam”.
Islamic Solidarity Games merupakan pertandingan olahraga berbagai cabang yang dikuti oleh negara-negara Islam dan diselenggarakan oleh Islamic Solidarity Sports Federation (ISSF).
ISG di Baku akan mempertandingkan 21 cabang olahraga dan direncanakan diikuti 57 negara Islam di dunia.(T/R04/P2)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)