Inggris Dorong DK PBB Akhiri Permusuhan di Yaman

London, MINA – Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt mengatakan pada hari Senin (5/11), akan mendorong langkah baru Dewan Keamanan untuk mengakhiri permusuhan di Yaman dan menemukan solusi politik.

Pernyataan resmi dari kantornya mengatakan, Hunt telah setuju dengan Utusan Khusus PBB Martin Griffiths bahwa sekarang waktu yang tepat bagi Dewan Keamanan untuk bertindak mendukung proses perdamaian yang dipimpin PBB, namun tidak disebutkan tindakan apa yang akan diambil Inggris, demikian MEMO melaporkan.

“Tindakan yang diambil Inggris di Dewan Keamanan PBB akan membantu menuju tujuan memastikan bahwa gencatan senjata   sepenuhnya dilaksanakan,” kata pernyataan itu.

Griffiths sendiri mencoba menyelamatkan pembicaraan damai yang gagal pada bulan September yang lalu. Dia mengatakan pekan lalu dia berharap konsultasi bisa dimulai kembali dalam waktu satu bulan.

“Untuk pertama kalinya, tampaknya ada jendela di mana kedua belah pihak dapat didorong untuk datang ke meja perundingan, menghentikan pembunuhan dan menemukan solusi politik yang merupakan satu-satunya cara jangka panjang dari bencana,” ujar Hunt.

Inggris mengatakan gencatan senjata hanya akan berpengaruh di lapangan jika didukung oleh kesepakatan politik antara para pihak yang bertikai.

Yaman merupakan salah satu negara Arab termiskin dan terisolasi dalam perang hampir empat tahun antara oposisi Houthi yang didukung Iran melawan pemerintah yang didukung oleh koalisi Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Barat. Konflik telah menewaskan sedikitnya 10.000 orang dan menyebabkan krisis kemanusiaan terburuk di dunia. (T/Ast/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.