Irfan Junaidi: Menulis itu Mudah

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Pemimpin Redaksi Harian Republika, mengatakan dalam acara Workshop Penulisan Sekolah Tinggi Ilmu Shuffah Al Quran Abdullah Bin Masud Online (STSIQABM) di Komplek Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Al-Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, Rabu (10/11) mengatakan, semua orang bisa menulis karena hal itu bukan pekerjaan yang sulit.

Menurutnya, orang yang bisa membaca mestinya bisa menulis. Sebab pekerjaan tersebut bukanlah milik sekelompok orang, hanya yang intelektual dan elit saja, melainkan bisa dipelajari oleh semua orang.

“Tinggal mau (belajar menulis) apa ndak ,” ujarnya. Perkara hasil, Irfan mengatakan hal tersebut akan terkait dengan “jam terbang”.

Baca Juga:  Mahasiswa Meksiko Bangun Tenda dan Kibarkan Bendera Palestina di Universitas

Hal mendasar yang harus dilakukan yaitu meruntuhkan anggapan bahwa menulis merupakan perkerjaan sulit dan berat.

“Jarang orang yang sekali menulis langsung bisa mengubah dunia. Tapi yang banyak terjadi beratus-ratus kali menulis dan tidak dimuat di media. Maka jangan menyerah,” tegasnya.

“Jadikan kegagalan itu sebagai motivasi, namanya kita berlatih. Belajar sepeda aja ada jatuh-jatuhnya, gak langsung sekali bisa, kira-kira seperti itu,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan senjata utama dalam menulis di antaranya rutin berolah raga pikiran dengan cara rajin membaca dan terus bertanya, serta membebaskan pikiran kita agar tidak merasa tertekan ketika hendak menulis.

“Satu kali mencoba membuat tulisan, nilainya lebih tinggi dibandingkan seratus bahkan seribu kali mendengar ceramah tentang penulisan, tanpa kita mencobanya.” tegas Irfan.

Baca Juga:  Bahrain Serang Israel sebagai Bukti Bela Palestina

Hadir sebagai pemateri, Dewan Penasihat STISQABM, Imaamul Muslimin Yakhsyaallah Mansur, pemimpin redaksi Harian Republika, Irfan Junaidi, dan redaktur MINA Widi Kusnadi. (L/cha/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.