Irfan Junaidi: Republika Support Penuh Konferensi ICIM

Jakarta, 12 Sya’ban 1437/20 Mei 2016 (MINA) – Pemimpin Redaksi Irfan Junaidi mengatakan, hariannya memberikan support penuh atas rencana pelaksanaan Konferensi Internasional Media Islam (International Conference of Islamic Media – ICIM) yang dijadwalkan di Wisma ANTARA Ruang Adhyana Jakarta, pada Rabu-Kamis, 25-26 Mei mendatang.

Irfan didampingi jajaran Redaksi Republika, mengatakan ni saat menerima kunjungan Panitia dan Jajaran Redaksi Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj Islamic News Agency) di Kantor Republika Jakarta, Jumat (20/5).

Support yang dapat diberikan di antaranya dalam pemberitaan, peliputan, artikel, moderator, iklan dan media sosial.

Menurutnya, sebagai sesama media Islam memang harus terus meningkatkan mental dan kepercayaan diri menghadapi ‘pertempuran’ informasi.

Ia menambahkan, media-media Islam sebenarnya bisa tampil lebih baik lagi, maju, keren, modern, dan lebih percaya diri, seiring era informasi saat ini.

“Mental dan semangat untuk menghadapi ‘pertempuran’ informasi sangat penting, jangan sampai kalah sebelum berperang,” ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan Steering Committee ICIM, Agus Sudarmaji mengatakan penyelenggaraan Konferensi ICIM adalah untuk membicarakan peningkatan peran media-media Islam sebagai counter atas perang opini yang terjadi. Terutama adalah untuk pembelaan Islam dan Muslimin pada umumnya serta perjuangan Palestina pada khususnya.

Konferensi ICIM terselenggara atas kerjasama Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj Islamic News Agency), Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA dan Harian Republika, bersama Radio Rasil dan MER-C, mengangkat tema “Menyatukan Langkah Perjuangan Media Islam untuk Pembelaan Kaum Muslimin serta Kemerdekaan Palestina dan Pembebasan Masjidil Aqsha”.

Panitia juga menjadwalkan beberapa pembicara dari berbagai negara, di antaranya Ahmad Ashaaf (Pemred Kantor Berita Palestina WAFA), Dr Daud Abdullah (Direktur Middle East Monitor, Inggris), Dr Shamsi Ali (Founder Nusantara Foundation, AS), Syaikh Ahmad Shoyyan (Pemred Majalah Al-Bayan, Arab Saudi) dan lainnya. Di samping beberapa pembicara dalam negeri dari unsur pejabat pemerintah, ulama, tokoh masyarakat dan aktivis kepalestinaan.

Panitia Konferensi ICIM telah mengundang pemimpin redaksi (pemred) kantor berita dan organisasi media dari 50 negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) dan non OKI.

Peserta undangan terdiri dari unsur pimpinan redaksi kantor berita di negara-negara Islam, Duta Besar negara-negara Islam di Jakarta, pakar dan praktisi media massa, organisasi-organisasi wartawan Muslim, pimpinan perguruan tinggi Islam, LSM dan Ormas yang konsen dalam pembelaan Palestina dan kaum Muslimin, serta dosen, mahasiswa dan tokoh masyarakat.

Panitia Konferensi menjalankan tugas sehari-hari di Kantor Redaksi MINA di Gedung MER-C lantai 1 Jalan Kramat Lontar J-157 Senen, Jakarta Pusat, Telp. 021-3152322.

Adapun bagi dermawan yang ingin memberikan dukungan infaq/donasi untuk kesuksesan acara dapat dikirimkan melalui Bank Syariah Mandiri Nomor Rek 7678767877 atas nama Yayasan Miraj News Agency. (P4/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.