Israel Pertama Kali Ikut Latihan Bersama Angkatan Laut Dipimpin AS

Yerusalem, MINA – Israel berpartisipasi dalam latihan bersama angkatan laut beberapa negara yang dipimpin Amerika Serikat (AS) di Timur Tengah.

Ini adalah  untuk pertama kalinya Israel secara terbuka bergabung dalam latihan bersama dengan Arab Saudi dan Oman, dua negara Teluk yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, meskipun ada normalisasi dengan dua negara Teluk lainnya dengan negara itu.Lapor kantor berita Ma’an News yang dikutip MINA, Kamis (3/2).

Latihan yang disebut IMX22 itu, dilakukan di tengah ketegangan yang meningkat di Teluk menyusul serangan rudal oleh kelompok Houthi Yaman di UEA, termasuk serangan yang digagalkan terhadap pangkalan yang menampung pasukan AS.

Israel menormalkan hubungannya dengan UEA dan Bahrain pada 2020 di tengah kekhawatiran bersama tentang Iran, dan untuk pertama kalinya telah melakukan latihan angkatan laut bersama dengan kedua negara pada November lalu.

Tetapi ini adalah pertama kalinya Israel secara terbuka berpartisipasi dalam latihan IMX bersama Arab Saudi, yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengannya.

Menurut informasi Angkatan Laut AS, bahwa Kuwait dan Qatar, yang tidak memiliki hubungan resmi dengan Israel, tidak berpartisipasi dalam latihan tersebut.

Bahrain menjadi tuan rumah Armada Kelima Angkatan Laut AS, di samping beberapa operasi Komando Pusat AS. Ini adalah pusat komando Amerika yang berkaitan dengan koordinasi militer di Timur Tengah.

Pada Rabu (2/2), juru bicara Angkatan Laut AS mengatakan, mereka yang bertanggungjawab untuk menentukan kegiatan latihan menyadari dimensi realitas geografis dan politik dari masing-masing negara yang berpartisipasi secara terpisah, tetapi kerja sama telah berjalan lancar.

Dia menambahkan, upaya perencanaan “di wilayah tersebut hanya membuahkan hasil positif.”

Pada hari Senin (31/1) militer Israel mengatakan, beberapa unit akan berpartisipasi dalam latihan Laut Merah dengan Armada Kelima AS.

“Selama beberapa bulan terakhir, Israel telah berlatih tidak hanya dengan kami, tetapi dengan negara-negara mitra lainnya di kawasan itu,” kata juru bicara Armada Kelima Tim Hawkins kepada wartawan, Rabu (2/2).

Pada tahun ketujuh, latihan IMX diluncurkan pada hari Senin (31/1) dari markas Armada Kelima di Bahrain dan akan berlangsung di Teluk, Laut Arab, Teluk Oman, Laut Merah dan Samudra Hindia bagian utara. (T/B04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.